Sukses

Penyebab Naiknya Harga Ayam Potong Saat Ramadan

Tingginya harga ayam potong hingga mencapai Rp 30 ribu per kilogram, dari sebelumnya hanya Rp 25 ribu per kilogram, ternyata disebabkan oleh kenaikan harga bibit ayam di tingkat peternak.

Fokus, Jakarta - Naiknya harga bibit ayam di tingkat peternak membuat harga ayam potong dari Rp 25 ribu menjadi Rp 30 ribu per kilogramnya.

 

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Rabu (23/5), kenaikan harga bibit ayam yang sebelumnya Rp 5.100 per ekor, kini naik menjadi Rp 6.500 per ekor.

Kenaikan seribu rupiah per ekor ini diperparah dengan harga pakan ayam yang juga mengalami kenaikan, sehingga mempengaruhi harga jual. Di kalangan ibu rumah tangga, kenaikan harga ayam ini sangat terasa saat memasuki bulan Ramadan.

Para peternak berharap, pemerintah terlibat dalam pengawasan suplai bibit ayam yang mencapai 64 juta ekor per minggu, sehingga harga bisa dikendalikan dan stabil seperti semula.

Pemerintah juga diimbau untuk mengeluarkan aturan baku mengenai harga pakan ternak, sehingga semua harga merata di seluruh Indonesia.