Sukses

Karyawan PT Surya Pamenang Berunjuk Rasa

Karyawan PT Surya Pamenang, anak perusahaan PT Gudang Garam, berunjuk rasa menuntut uang kesejahteraan dan kenaikan gaji. Aksi tersebut dinilai tak membawa aspirasi seluruh karyawan.

Liputan6.com, Surabaya: Gelombang unjuk rasa karyawan PT Gudang Garam di Kediri, Jawa Timur, berimbas ke anak perusahaannya PT Surya Pamenang di Surabaya. Sejak Senin (3/6) pagi, puluhan karyawan berunjuk rasa menuntut kenaikkan gaji [baca: Buruh Gudang Garam Berdemonstrasi Menuntut Perbaikan Upah].

Demonstrasi yang dilakukan sekitar 50 karyawan PT Surya Pamenang yang bergerak di bidang pembuatan karton ini, mengejutkan pihak manajemen perusahaan. Para karyawan mengajukan tiga tuntutan yang sama seperti rekan mereka yang bekerja di PT Gudang Garam. Mereka meminta diberlakukannya kembali uang kesejahteraan dan kenaikan gaji. Selain itu, para paryawan juga meminta kenaikan golongan.

Menurut pengunjuk rasa, tuntutan tersebut sangat wajar karena selama ini pihak manajemen tak pernah memikirkan nasib mereka, berkaitan dengan adanya kenaikan bahan bakar minyak yang berimbas kepada harga kebutuhan sehari-hari.

Pihak manajemen PT Surya Pamenang menilai aksi tersebut tidak membawa aspirasi dari seluruh karyawan. Sebab, saat unjuk rasa, sebagian besar karyawan tetap bekerja dan mengaku tak mengetahui adanya aksi tersebut. Selain itu, dua organisasi pekerja yang ada di perusahaan, yaitu Serikat Pekerja Seluruh Indonesia dan Sarbumusi, juga tidak terlibat. Namun, pihak manajemen mengaku siap menerima tuntutan itu jika para pengunjuk rasa mampu menunjukkan fakta dan data konkret yang mendukung tuntutan mereka.(PIN/Benny Christian dan Bambang Ronggo)