Sukses

Jokowi Berharap Kemitraan Indonesia-India Berkontribusi bagi Dunia

Jokowi menyambut kedatangan Perdana Menteri India dalam lawatan kenegaraannya ke Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyambut kedatangan Perdana Menteri India, Narendra Modi, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (30/5/2018). Pemimpin kedua negara ini akan menggelar sejumlah pertemuan bilateral, membahas berbagai peningkatan kerja sama.

"Kunjungan ini sangat tepat waktunya di tengah munculnya banyak ketidakpastian di dunia, dan saya berharap kemitraan ini tetap dapat berkontribusi bagi stabilitas, perdamaian, dan kesejahteraan dunia," kata Jokowi dalam pertemuan bilateral dengan Narendra di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (30/5/2018).

Jokowi berharap hubungan Indonesia-India akan semakin kokoh. Dengan begitu, hubungan kedua negara menciptakan kemitraan strategis, komprehensif, dan strategis di sejumlah bidang.

"Dan mari kita sambut kemitraan strategis komprehensif ini dengan bekerja lebih keras, untuk terwujudnya hubungan yang terus saling menguntungkan dan sebelum melanjutkan pembahasan saya persilakan PM menyampaikan sambutan terbuka," ucap Jokowi.

Sebelumnya, Perdana Menteri India Narendra Modi tiba di Istana Merdeka sekitar pukul 10.15 WIB. Presiden Jokowi tampak menyambut kedatangan Modi.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Upacara Penyambutan

Upacara penyambutan dilakukan dengan menembakkan meriam dan mengumandangkan lagu kebangsaan kedua negara serta memberikan salam hormat pada bendera negara masing-masing.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama, pengisian buku tamu, serta pertemuan bilateral. Setelah itu, akan dilakukan pengumuman dokumen kerja sama serta pernyataan pers bersama.

Dalam pertemuan bilateral ini, sejumlah menteri kabinet yang tampak hadir, antara lain Mensesneg Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menlu Retno Marsudi, dan Menko Polhukam Wiranto.

Pada siang hari, PM Modi dan Presiden Jokowi juga menyaksikan pameran layang-layang India-Indonesia di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

Kedua kepala negara juga melakukan sesi foto bersama di Patung Kereta Kuda Arjuna, pintu barat Monumen Nasional. Kemudian, pada pukul 13.15 WIB, Jokowi dan Modi akan meninjau Masjid Istiqlal di Jakarta Pusat.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.