Sukses

Pantauan Udara Menhub, Tol Cikampek Lancar Pagi Ini

Kondisi lalu lintas agak terjadi kemacetan keluar dari gerbang Tol Cikarang Utama menjelang Rest Area KM39 saat banyak kendaraan yang ingin masuk ke lokasi tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Arus kendaraan di tol Jakarta-Cikampek yang mengarah ke timur pada Selasa (12/6/2018) terpantau lancar sampai Gerbang Tol Cikarang Utama.

Pantauan dari udara menggunakan helikopter bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Cikopo, kendaraan tampak bisa melaju dengan kecepatan tinggi.

Kondisi jalan tol mayoritas diisi oleh kendaraan pribadi, bus, mobil tanki BBM, sementara truk tidak terlihat sama sekali.

Kondisi lalu lintas terjadi kemacetan saat keluar dari gerbang Tol Cikarang Utama menjelang Rest Area KM 39 saat banyak kendaraan yang ingin masuk ke lokasi tersebut.

Namun setelah Rest Area KM 39 kondisi jalan tol Cikampek lancar dan banyak mobil yang memacu dalam kecepatan tinggi.

"Kondisi lalu lintas dari pantauan udara secara umum berjalan lancar tak terjadi kemacetan parah," kata Menhub Budi Karya seperti dilansir dari Antara.

Sementara arus sebaliknya dari arah barat ke timur, kondisinya lancar dan tak banyak kendaraan yang melintas di tol Cikampek. Dari udara juga terpantau puluhan pengendara sepeda motor yang melinras di jalan nasional non tol yang juga mudik.

2 dari 2 halaman

Banyak Angkutan Gratis

Budi Karya mengatakan data tiga hari terakhir menunjukkan terjadi penurunan terhadap jumlah kendaraan roda dua sebesar 12 persen dan juga penurunan jumlah kecelakaan lalu lintas sebesar 30-40 persen.

Jadi waktu tempuhnya juga berkurang. Namun juga telah terjadi kenaikan pada jumlah kendaraan roda empat sebesar 40 persen.

Kepadatan kendaraan, kata Menhub, juga antara lain dipengaruhi banyaknya angkutan gratis seperti mudik gratis bus dan kerera api serta kapal laut.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Â