Sukses

Api Asian Games Sambangi Api Biru Kawah Ijen

Sebuah momen spesial tercipta di Banyuwangi, Sabtu (21/7). Yap, saat api Asian Games 2018 yang dibawa dari India, bertemu api biru Kawah Gunung Ijen. Ribuan wisatawan menjadi saksi momen tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah momen spesial tercipta di Banyuwangi, Sabtu (21/7). Yap, saat api Asian Games 2018 yang dibawa dari India, bertemu api biru Kawah Gunung Ijen. Ribuan wisatawan menjadi saksi momen tersebut.

Torch Relay Asian Games 2018 tiba di kaki Gunung Ijen, kawasan Paltuding, Banyuwangi, sekitar pukul 23.30 WIB. Obor itu dibawa mendaki Gunung Ijen oleh mantan petinju nasional Pino Bahari. Rombongan menempuh perjalanan selama 1,5 jam menuju puncak Ijen. Gunung ini memiliki ketinggian 2.443 meter di atas permukaan laut.

"Suatu kebanggaan tersendiri dipercaya membawa obor Asian Games. Ini mengingatkan saya pada perjuangan saya meraih emas Asian Games 1990 di Tiongkok,” ujar Pino, salah satu petinju amatir terbaik yang pernah dimiliki Indonesia.

Dalam Torch Relay Asian Games 2018 tiba di kaki Gunung Ijen beragam atraksi seni pun turut mewarnai perjalanan obor. Mulai Tari Gandrung, barong, dan Banyuwangi Ethno Carnival mengiringi dalam sebuah ajang pesta rakyat yang digelar bersama Panitia Penyelenggara Asian Games (Inasgoc).

Menurut Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, kehadiran Torch Relay ini adalah momentum tepat untuk mempromosikan pariwisata.

“Torch relay memiliki fungsi strategis. Agenda ini merupakan momen terbaik untuk mempromosikan potensi Banyuwangi, terutama pariwisata. Kami menyiapkan beragam atraksi seni sebagai bentuk kebanggaan daerah dalam menyambut perhelatan olahraga akbar se-Asia ini,” ujar Abdullah Azwar Anas.

Sebelumnya, kedatangan api obor Asian Games 2018 berada di Kota Paris of East Java. Pawai tersebut dimeriahkan oleh para atlet Indonesia. Mulai dari Ellyas Pical (tinju), Nico Thomas (tinju), Tati Sumirah (bulutangkis), Sutiyono (balap sepeda), Alexander Pulalo (sepak bola), Pascal Wilmar (bola voli), dan Abdul Rozak (taekwondo).

 

Mantan Petinju Nasional, Nico Thomas yang menjadi salah satu pembawa api obor Asian Games 2018 mengaku sangat bangga mendapat kepercayaan untuk terlibat dalam pawai api obor yang akan melibatkan 53 kota dan 18 Provinsi di Indonesia.

Sementara itu, Grab sebagai official mobile platform partner Asian Games 2018 meluncurkan kampanye bertajuk #KemenanganItuDekat, Rabu (18/7) di Yogyakarta.

Melalui kampanye bertajuk ‘Kemenangan Itu Dekat’ Grab bertujuan mengobarkan semangat kemenangan, nilai-nilai sportivitas, dan fairplay untuk menyambut perhelatan pesta olahraga di Asia, yang akan berlangsung di Jakarta pada 18 Agustus hingga 2 September 2018.

 

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.