Sukses

32 Saung Mewah di Lapas Sukamiskin Dibongkar

Kanwil Kemenkumham Jawa Barat bongkar saung mewah pengunjung di sekitar Lapas Sukamiskin, Bandung.

Fokus Indosiar, Bandung - Petugas Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) merazia sejumlah lapas yang berada di berbagai daerah. Sementara itu, tim gabungan membongkar saung-saung eksklusif yang berada di dalam Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.  

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Rabu (25/7/2018), puluhan petugas gabungan Kemenkumham memasuki Lapas Sukamiskin, Bandung, untuk membongkar saung pengunjung yang berada di dalam lapas.  

Hingga Rabu dini hari tadi, ada 32 saung pengunjung eksklusif yang didirikan di sekitar lingkungan lapas dibongkar petugas secara tertutup. Aksi ini dilakukan selang beberapa hari terungkapnya praktik suap jual beli fasilitas lapas dan pencopotan Kepala Kanwil (Kakanwil) Kemenkumham Jawa Barat.  

Di tempat berbeda, puluhan petugas Lapas Kelas 2  Banyuwangi, Jawa Timur, menggeledah seluruh kamar hunian narapidana pria dan wanita. Hasilnya, petugas menemukan sejumlah telepon genggam, sendok makan logam, gunting, pisau cutter, dan ikat pinggang.  

Sementara di Gorontalo, Kanwil Kemekumham merazia Lapas Kelas 2A Gorontalo. Hasilnya, petugas menemukan kondisi lapas telah melebihi daya tampung. Lapas yang hanya memiliki daya tampung 300 narapidana, kini dihuni oleh lebih dari 600 napi. (Karlina Sintia Dewi)