Sukses

Sambut Asian Games, Kampung Dekat Wisma Atlet Kemayoran Dicat Warna-Warni

Kampung ini memang berada tepat di seberang Wisma Atlet Kemayoran, di mana tempat para atlet nantinya akan tinggal selama Asian Games berlangsung.

Liputan6.com, Jakarta - Gelaran Asian Games 2018 Jakarta-Palembang tinggal menghitung hari. Tak hanya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta saja yang bersiap, warga juga rupanya antusias menyambung ajang olahraga se-Asia ini.

Salah satunya yang terlihat di Jalan Sunter Kemayoran RW 07 Kebun Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat. Pantauan Liputan6.com, Kamis (27/7/2018), kampung ini telah disulap menjadi kampung warna-warni.

Jika diperhatikan, kampung ini memang berada tepat di seberang Wisma Atlet Kemayoran, di mana tempat para atlet nantinya akan tinggal selama Asian Games berlangsung.

Mencoba menelusuri gang-gang sempit yang ada di RW 07, kini kampung ini menjadi meriah berwarna-warni. Rumah-rumah terlihat tidak hanya sekedar dicat, tetapi juga digambar agar terlihat cantik dan menarik.

Jalan-jalan di gang pun juga tampak indah karena berwarna-warni. Ada bunga cantik, hingga tokoh kartun ada di jalan juga tembok rumah.

Maskot Asian Games juga tergambar di tembok rumah warga. Begitu pula gema semangat untuk menyemangati para atlet.

Berada persis di pinggir Kali Kali Sentiong atau Kali Hitam, kampung ini memang terlihat indah dan cantik berwarna-warni. Tembok pinggir kali juga dicat aneka warna.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengecatan Sejak Awal Juli

Menurut salah seorang warga RW 07 bernama Hari, pengecatan sudah dilakukan sejak awal Juli 2018 dan sekarang sudah selesai.

"Ngecat ini bareng PPSU (Petugas Prasarana dan Sarana Umum). Catnya yang bawa PPSU-nya dari kelurahan," kata Hari di lokasi.

Dia menceritakan, pengerjaan dilakukan bersama-sama. Hanya saja, PPSU berdasarkan waktu bekerjanya, sedangkan warga sepanjang hari, bahkan hingga malam hari.

Menurutnya, sebanyak lima RT di RW 07 semuanya disulap menjadi kampung warna-warni. Mulai dari RT 001 sampai RT 005. Semuanya dicat mulai dari jalan hingga tembok rumah.

Bersama para warga, dia mengaku senang dan menyambut baik ajang Asian Games yang sedianya akan dimulai pada 18 Agustus 2018 mendatang.

"Kita antusias nyambut atlet yang nanti kesini (Wisma Atlet). Apalagi ini kampungnya jadi bagus, dicat gini. Mudah-mudahan aja mereka mau keluar (dari Wisma Atlet)," tandas Hari.

 

3 dari 3 halaman

Anies Sandi Sempat Pantau

Pada Sabtu 21 Juli 2018 lalu, Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno menyempatkan diri berkeliling kampung RW 07, usai menghadiri penandatanganan perjanjian kerja sama antara Pemprov DKI Jakarta dan Akzonobel Paints Indonesia.

Perjanjian ini dalam rangka pengecatan yang dilakukan untuk kampung tematik Jalan Sunter Kemayoran RW 09 Kebun Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat. Kampung tematik ini berada persis di seberang Wisma Atlet Asian Games 2018 di Kemayoran.

"Dalam program ini masyarakat terlibat langsung," kata Anies dalam sambutannya di Segi Tiga Marto, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Dia memaparkan, program pengecatan ini melibatkan masyarakat, mulai dari anak-anak, anak muda karang taruna, dan warga lainnya.

"Kita menyaksikan kerja kolaborasi, antara warga, pemerintah, dan private sector. Kolaborasi ini untuk memastikan apa yang kita kerjakan di sini sesuai dengan ekspresi warga, sesuai tuntutan zaman di era global," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini