Sukses

Peserta Paskibraka Mendapat Pembekalan Tentang Melawan Korupsi

Dengan tema Anak Muda Melawan Korupsi, peserta Paskibraka mendapat pembekalan Komisioner KPK Basaria Panjaitan.

Liputan6.com, Jakarta Peserta Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Nasional 2018 mendapat pembekalan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang diwakili oleh Komisioner KPK Basaria Panjaitan bersama Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Asrorun Niam. Kegiatan yang dilakukan di Wisma Soegondo, Cibubur, Jakarta Timur, Selasa (7/8/2018) ini mengambil tema Anak Muda Melawan Korupsi.

"Dalam penanganan korupsi, ada sembilan perilaku anti korupsi. Pertama adalah Jujur, Mandiri, Peduli, Disiplin, Tanggung jawab, Kerjakeras, Sederhana, Berani, Adil, ditambah satu lagi yaitu Sabar," ujar Basaria.

Menurutnya, fakta korupsi di Indonesia sudah melibatkan anggota keluarga pelaku korupsi.

"Korupsi sudah begitu massif dan parah. Tidak ada lagi sektor di negara yang tidak terasuki oleh korupsi, bahkan sektor-sektor yang dianggap paling suci sekalipun," ucap Basaria.

Ia melanjutkan, fenomena korupsi juga sering dilakukan para pelajar. Walaupun bukan dalam bentuk penyelewengan uang.

"Korupsi sudah sangat meluas secara sistematik di berbagai tingkatan pusat dan daerah, lembaga eksekutif, legislatif, maupun yudikatif. Perilaku koruptif juga terjadi dikalangan pelajar, seperti, menyontek, membolos, tawuran, melanggar lalu lintas, terlambat, titip absen, berbohong pada orang tua/dosen, gratifikasi ke dosen, proposal/kwitansi palsu kegiatan, penyelenggaraan dana beasiswa, plagiat/copy paste. Pesan saya, memberantas korupsi dimulai dari diri sendiri kemudian menginspirasi keluarga, dan masyarakat sekitar," kata Basaria.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.