Sukses

Organisasi Pemuda Hindu Dideklarasikan

Ikatan Pemuda Hindu Indonesia dinilai hanya menjadi permainan politik. Karena itu, pemuda Hindu mendeklarasikan organisasi baru yang bebas dari pengaruh kekuasaan.

Liputan6.com, Jakarta: Organisasi Pemuda Hindu dideklarasikan di Jakarta, Ahad (12/11). Organisasi yang baru dibentuk ini bertekad akan melepaskan diri dari pengaruh politik. Demikian dicetuskan Ketua Umum Pemuda Hindu Putu Gede Suta Legawa seusai deklarasi yang diadakan di Jakarta.

Menurut Putu Gede, organisasi serupa dengan nama Ikatan Pemuda Hindu Indonesia semula pernah didirikan pada tahun 1995. Namun, organisasi itu dinilai hanya menjadi permainan politik. Karena itu, sudah saatnya organisasi kepemudaan yang lepas dari pengaruh politik pengusaha didirikan.

Apalagi, sebagian pemuda Hindu sudah melepaskan diri dari permainan politik selama masa orde baru hampir selama lima belas tahun. Kaum pemuda Hindu yang datang dari berbagai daerah, seperti dari Sumatra, Jawa, Bali, dan Nusatenggara itu yang kemudian mendeklarasikan organisasi tersebut.

Putu Gede menambahkan, para pemuda Hindu berharap, OPH bisa menjadi perekat persatuan bangsa. Apalagi umat Hindu di Indonesia sudah mencapai sekitar 20 juta orang atau sekitar 10 persen populasi. Hingga sejauh ini, belum ada satu pun organisasi atau partai politik yang bisa menyatukan dan mengatasnamakan umat Hindu.(HFS/Chadijah Mastura dan Dwi Nindyas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.