Sukses

Pemprov DKI Alokasikan Rp 60 Miliar Bagi Korban Gempa Palu dan Donggala

Anies Baswedan juga menurunkan Satgas yang bertugas hingga tanggal 10 Oktober nanti untuk membawa logistik bagi korban gempa dan tsunami di Palu.

Fokus, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila di silang Monas Jakarta. Dalam kesempatan ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberangkatkan 83 personel satuan tugas peduli bencana untuk Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (2/10/2018), upacara peringatan Kesaktian Pancasila diikuti oleh ratusan peserta upacara dari unsur PNS, pelajar, Satpol PP, TNI dan Polri.

Peringatan setiap tanggal 1 Oktober ini merupakan bentuk penghargaan atas jasa para pahlawan yang gugur dalam peristiwa pemberontakan G 30S PKI, 30 September 1965.

Acara ditutup dengan apel pemberangkatan 83 personel dari BPBD DKI Jakarta, petugas damkar, dinas kesehatan dan unsur lainnya yang tergabung dalam satuan tugas peduli bencana Pemprov DKI Jakarta untuk Palu dan Donggala.

"Jangan pernah menganggap ini sebagai pengorbanan, yang berangkat harus memandang ini sebagai kerhormatan, mewakili ibu kota untuk meringankan beban saudara-saudara kita," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Satgas yang bertugas hingga tanggal 10 Oktober nanti juga membawa logistik bantuan berupa terpal, tenda dan selimut. Pemprov DKI Jakarta juga mengalokasikan bantuan berupa dana sebesar Rp 60 miliar dan membuka Balai Kota sebagai posko bagi penggalangan dana. (Muhammad Gustirha Yunas)