Sukses

Puluhan Benda Prasejarah di Bondowoso Terbengkalai

Puluhan situs purbakala di kawasan Hutan Tanah Wulan, lereng Gunung Ko`ong, Bondowoso, Jatim, tak terawat dan ada yang rusak. Jika terus terbengkalai, dikhawatirkan bakal memancing pencuri.

Liputan6.com, Bondowoso: Puluhan benda prasejarah di kawasan Hutan Tanah Wulan, lereng Gunung Ko`ong, Bondowoso, Jawa Timur, dalam kondisi tak terurus. Barang peninggalan seperti batu ruang atau stone chamber, batu pandusa atau sarkopagus, dolmen, batu kenong, dan batu lumpang, terbengkalai dan ada yang hancur berantakan.

Benda-benda sejarah tersebut terpencar dengan radius 500 meter di medan yang cukup terjal pada ketinggian mencapai 1.300 meter. Beberapa situs tertutup semak belukar. Akibatnya, sejumlah batu kenong dan batu pandusa mulai rusak dan bahkan hancur. Keadaan ini makin buruk karena tak ada dana perawatan dari Dinas Purbakala Provinsi Jawa Timur.

Di kawasan situs Ko`ong juga terdapat gua purba yang belum teridentifikasi. Data di Kantor Desa Tanah Wulan menyebutkan, gua kecil ini menjadi tempat persembunyian di zaman prasejarah. Pendapat itu diperkuat dengan batu yang disusun rapi untuk tempat menyimpan senjata berburu di dalam gua tersebut.

Penjaga situs mencatat, di lokasi ini terdapat 89 buah batu kenong, sembilan batu ruang, enam batu dolmen --tiga batu dalam keadaan hancur. Ada juga tiga batu pandusa--satu di antaranya rusak-- dan tiga batu lumpang. Jika tak segera dirawat, si penjaga situs khawatir situasi ini menimbulkan persoalan baru: rawan pencurian.(TNA/Christanto Rrahardjo)
    Video Terkini