Sukses

Angin Kencang Tumbangkan Puluhan Pohon

Angin kencang yang melanda Kabupaten Semarang, Jateng. Puluhan pohon tumbang, tiga tiang listrik roboh, dan sebuah peternakan ayam berkapasitas 8.000 ekor ayam ambruk.

Liputan6.com, Semarang: Angin kencang yang melanda Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Rabu (25/1), membuat kerusakan di sejumlah tempat. Kerusakan terparah terjadi di Kecamatan Bandungan, di mana puluhan pohon tumbang, tiga tiang listrik roboh, dan sebuah peternakan ayam berkapasitas 8.000 ekor ayam ambruk.

Hampir seluruh bangunan peternakan ayam itu rata dengan tanah setelah diterjang angin kencang. Sejumlah pekerja berusaha memindahkan anak ayam yang masih bisa diselamatkan, sementara ribuan ekor ayam mati tertimpa reruntuhan bangunan. Kuatnya terjangan angin itu juga merobohkan sejumlah pohon dan tiga tiang listrik, hingga memadamkan aliran listrik di tiga desa.

Angin kencang juga terjadi di Blora, Jateng. Sebuah pohon besar berusia ratusan tahun menimpa rumah warga hingga seorang terluka akibat tertimpa reruntuhan bangunan. Warga bergotong-royong untuk menyingkirkan pohon yang tumbang dan menyelamatkan sejumlah barang. Saat peristiwa itu berlangsung, angin berhembus kencang meski tidak ada hujan.

Di Bangkalan, Madura, Jawa Timur, sebuah menara radio swasta ambruk akibat diterjang angin kencang. Meski tidak ada korban, ambruknya menara mengenai kabel jaringan listrik hingga listrik padam selama lima jam.

Dalam satu pekan terakhir, angin kencang hampir setiap hari terjadi di beberapa wilayah di Bangkalan. Warga diharapkan waspada agar tidak berteduh di bawah pohon maupun tempat yang rawan ambruk saat terjadi angin kencang.(ADO)