Sukses

3 Hal tentang Bripda Puput, Polwan Calon Istri Ahok

Ahok disebut-sebut segera menikahi pujaan hatinya, Bripda Puput Nasti Devi yang merupakan mantan ajudan dari eks istri Ahok, Veronica Tan.

Liputan6.com, Jakarta - Bebas dari penjara tak lantas membuat Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok lepas dari sorotan publik. Terlebih, Ahok disebut-sebut segera menikahi pujaan hatinya, Bripda Puput Nasti Devi.

Puput merupakan mantan ajudan dari eks istri Ahok, Veronica Tan.

Cinta Ahok dan Bripda Puput sendiri bersemi ketika perempuan 22 tahun itu mengantarkan makanan ke Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. Sampai pada akhirnya, Ketua DPRD DKI Prasetio Edi yang merupakan teman Ahok, mengungkapkan keduanya segera menikah pertengahan Februari 2019.

Meski sempat dibantah adik Ahok, Fifi Lety Indra Purnama, Bripda Puput hadir dalam acara syukuran keluarga dan rekan mantan Gubernur DKI Jakarta itu. Puput juga ikut berfoto dengan posisi mengapit calon ibu mertuanya, Buniarti Ningsing, bersama Ahok.

Berikut ini, 3 hal tentang Bripda Puput yang dirangkum Liputan6.com:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Dikenal Baik

Pada salah satu televisi swasta, beberapa waktu lalu, Addie MS mengutarakan, Bripda Puput merupakan sosok yang baik. Dia juga sangat menghargai orang lain.

"Saya kenal karena waktu dulu kan mau menghubungi Bu Vero paling gampang dari Puput. Sepintas ya baik ya, kalau kata orang Jawa ngajeni (menghormati), selalu bersikap gitu. Kiri kanan kurang apa, apa yang bisa dilakukan," ujar Addie MS dalam tayangan yang diunggah September 2018.

Sifat ini menurun dari orangtuanya yang rela mengurus seluruh berkas pernikahan Ahok dan Puput. Hal ini diungkapkan oleh Lurah Pasir Gunung Selatan, Aslih Sinten.

"Orang tuanya (Puput) yang ke sini tanggal 16 Januari (2019)," ujar Aslih Sinten ditemui di kantornya di Depok, Jawa Barat, Kamis (24/2/2018).

3 dari 4 halaman

2. Mengundurkan Diri dari Polri

Puput Nastiti Devi ternyata telah mengundurkan diri dari kepolisian sejak 9 Januari 2019 lalu.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, tidak ada alasan spesifik yang disampaikan Puput mengajukan pengunduran diri dari Korps Bhayangkara, termasuk tentang rencana dipersunting Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

"Enggak ada alasan spesifik. Secara pribadi yang bersangkutan ingin mengundurkan diri dan sudah disetujui oleh pimpinan. Jadi yang bersangkutan sudah bukan anggota Polri," ujar Dedi kepada Liputan6.com, Jakarta, Kamis (24/1/2019).

Dedi menambahkan, surat pengunduran Puput sebagai anggota Polri juga sudah disetujui oleh personel (Watpers) Staf Sumber Daya Manusia (SSDM) Polri.

"SKep (surat keputusan) sudah ditandatangani oleh Karo Watpers ub Kabag Kirdin Rowatpers," tuturnya.

4 dari 4 halaman

3. Ingin Jadi Polwan Sejak SMP

Puput adalah anak sulung dari pasangan Teguh Suryono dan Lilis Wijayanti.

Sang ayah, Teguh menjelaskan, Puput mulai tertarik menjadi polisi sejak duduk di bangku SMP dan bercita-cita ingin menjadi Polwan. Keinginannya itu pun kemudian terwujud.

"Lulus SMA 2015. Kemudian daftar Brigadir. Lalu menjalani pendidikan selama 7 bulan. Ia pun bertugas di Satuan Samapta Bhayangkara (Sat Sabhara) Polda Metro Jaya. Setelah itu, sekitar tahun 2017 mengawal Bu Vero," tukas Teguh.

Selama menjadi polwan, Puput pernah bertugas di Polda Metro Jaya.

"Dulu pernah di Polda Metro. Tapi, kalau cari informasi, langsung sama yang bersangkutan," kata Kepala Yanma (Kayanma) Mabes Polri Kombes Yudi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.