Sukses

Jajal Bus Listrik, Anies: Unik, Tak Ada Suaranya

Anies mengaku bus listrik yang ditumpanginya tergolong unik. Sebab, tak menimbulkan suara.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pra uji coba mobil listrik milik PT Transjakarta. Anies tampak didampingi Dirut PT Transjakarta Agung Wicaksono, Sekda DKI Jakarta Saefullah dan beberapa pajabat lainnya.

Uji coba dilakukan mulai dari Balai Kota, Jakarta Pusat hingga Bundaran Hotel Indonesia dan kembali lagi ke Balai Kota.

Anies mengaku bus listrik yang ditumpanginya tergolong unik. Sebab, tak menimbulkan suara.

"Saya pernah naik bus listrik. Tapi ini pertama kali saya naik bus listrik di Jakarta," kata Anies, Senin (29/4/2019).

Anies Baswedan menyebut saat ini yang sedang di pra uji cobakan baru tiga bus saja. Tapi, dia berharap saat beroperasi ada kenaikan jumlah bus.

"Ini baru tiga pertama. Bulan-bulan awal Insyaalah bisa sampai10 nantinya, kemudian sambil kita siapkan proyeksi untuk menggunakan semua bus Transjakarta menggunakan listrik," jelasnya.

Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono menyatakan, dua dari tiga bus yang dipra ujicobakan berasal dari pabrikan China Build Your Dream (BYD) yang sudah tersebar di seluruh dunia.

Sedangkan, sisanya dari PT Mobil Anak Bangsa (MAB). Agung juga menyebut bus listrik tersebut memiliki keunggulan tanpa emisi dan tanpa suara.

"Secara operasional yang sedang kami lakukan dengan uji coba ini, mengetahui seberpaa lebih ekonomisnya dijangka panjang," jelasnya.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan