Sukses

Cek di Sini untuk Daftar SBMPTN 2019

Pendaftar SBMPTN harus memiliki nilai UTBK.

Liputan6.com, Jakarta - Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dimulai pada hari ini, Senin (10/6/2019).

SBMPTN 2019 merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN.

UTBK dapat diikuti oleh siswa lulusan 2017, 2018, dan 2019 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C 2017, 2018, dan 2019.

Pengelolaan dan pengolahan data untuk kepentingan seleksi jalur SBMPTN dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Para siswa dapat langsung mendaftar melalui laman resmi SBMPTN, http://pendaftaran-sbmptn.ltmpt.ac.id. Sebelum bisa mengikuti SBMPTN, pendaftar harus memastikan diri telah mengikuti UTBK 2019.

Selain itu, persyaratan lain yang harus dipenuhi adalah siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2017, 2018 harus sudah memiliki ijazah.

Kemudian, bagi siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2019 memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan pas foto berwarna terbaru yang bersangkutan dengan ditandatangani oleh kepala sekolah dan dibubuhi cap stempel yang sah.

Lalu, pendaftar SBMPTN harus memiliki nilai UTBK, kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi, serta memiliki NISN.

Bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio. Biaya UTBK ditanggung oleh peserta dan subsidi pemerintah. Serta yang terakhir, siswa tidak lulus jalur SNMPTN 2019.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tahapan Pendaftaran

Apabila siswa sudah dapat memenuhi persayaratan, maka mereka harus mengikuti setiap tahapan pendaftaran SBMPTN 2019.

Tahapan pendaftaran SBMPTN 2019 dilakukan melalui laman http://pendaftaran-sbmptn.ltmpt.ac.id dengan cara sebagai berikut:

1. Mengisi Biodata (kecuali peserta yang sudah terdaftar di SNMPTN 2019).

2. Memilih PTN dan program studi dengan ketentuan bahwa pendaftar dapat memilih paling banyak dua PTN dan memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN.

3. Mengunggah borang portofolio bagi pendaftar yang memilih program studi bidang seni dan olahraga. Tata cara pengisian borang portofolio dapat diunduh dari laman http://download.sbmptn.ac.id.

4. Mengunggah dokumen lain sesuai dengan persyaratan pendaftaran SBMPTN 2019.

Para peserta SBMPTN bisa memilih dua kelompok studi, yakni Saintek dan kelompok Soshum. Mereka dapat memilih program studi paling banyak dua program studi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.