Sukses

Penyebab Runtuhnya Tiang Proyek Tol Lingkar Luar Bogor

Tim Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) akan melakukan peninjauan ke lokasi proyek Jalan Tol Bogor Ring Road Seksi 3A, Simpang Yasmin- Simpang Semplak.

Liputan6.com, Bogor - PT Marga Sarana Jabar (MSJ) mengungkap penyebab jatuhnya material cor Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) di Jalan Soleh Iskandar, Tanah Sareal, Kota Bogor, Rabu (10/7/2019) pukul 05.15 WIB pagi.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, sebanyak dua orang pekerja mengalami luka ringan akibat terkena material dan saat ini sudah dalam perawatan.

Direktur Utama PT Marga Sarana Jabar (MSJ) selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengoperasikan Jalan Tol BORR Hendro Atmodjo menjelaskan, jatuhnya material pada tiang disebabkan balok penyangga atau cetakan tidak kuat sehingga melengkung dan mengakibatkan beton tumpah ke jalan arteri.

"Peristiwa tersebut terjadi saat pengecoran pada truck mixer yang ke-22 dari total rencana 25 truck mixer," jelas Hendro.

Untuk mengidentifikasi lebih lanjut penyebab terjadinya insiden ini, tim Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) akan melakukan peninjauan ke lokasi proyek Jalan Tol Bogor Ring Road Seksi 3A, Simpang Yasmin- Simpang Semplak.

KKJTJ akan melakukan penelitian dan mengevaluasi penyebab kejadian ini. Nantinya hasil evaluasi tersebut akan diaplikasikan dalam metoda kerja agar kejadian yang sama tidak akan terulang lagi.

Jasa Marga dan PT MSJ memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi akibat jatuhnya material cor Tol Bogor Outer Ring Road (BORR).

Jasa Marga dan PT MSJ juga akan terus melakukan tindakan preventif dan korektif dengan tetap mengedepankan unsur-unsur Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), serta evaluasi untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Jalan Macet

Sebelumnya, Kepala tiang Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) yang berada di Jalan Soleh Iskandar, Tanah Sareal, Kota Bogor, ambruk pada Rabu (10/7/2019) dini hari. Akibat kejadian tersebut Jalan Soleh Iskandar ditutup sementara.

Informasi yang didapat di lapangan, kecelakaan itu terjadi saat para pekerja sedang melakukan pengecoran tiang pancang proyek tol layang Lingkar Luar Bogor sesi 3A. Di mana tiang tersebut terdapat bracket tember yang fungsinya sebagai penyangga plat yang akan dicor.

Namun, pada saat pekerja memasukkan cor ke dalam kepala tiang pancang tersebut, tiang bracket terlepas dan jatuh sehingga seluruh material cor dan bracket tember jatuh ke bawah.

Akibat kejadian ini membuat jalur mengarah Parung maupun menuju Kota Bogor ditutup.

Imbas penutupan jalan ini menyebabkan kondisi ruas Jalan Soleh Iskandar macet total. Kendaraan dari arah Kota Bogor yang hendak menuju Parung dialihkan ke arah Semplak. Begitu juga dari arah sebaliknya.

Â