Sukses

Mengintip Bisnis <i>Bekleding</i> Kebon Sirih

Bisnis pemasangan busa untuk jok dan langit-langit mobil di kawasan Kebon Sirih, Jakpus, cukup menggiurkan. Iwan, misalnya, bisa meraup untung Rp 8 juta per bulan.

Liputan6.com, Jakarta: Keuletan dan kerja keras pasti membawa keberhasilan. Mau bukti? Simak pengakuan Iwan. Ayah dua putri ini mampu membawa pulang duit minimal Rp 8 juta per bulan dari usaha bekleding atau pemasangan busa untuk jok dan langit-langit mobil. Meski, "kantornya" bukan di gedung mentereng tapi di pinggir Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Iwan memulai usaha kecil dan menengah ini dengan modal Rp 10 juta. Selama 14 tahun, dia menggeluti usaha dengan peralatan tempur seperti lem, benang, jok, karet busa, dan kulit pembungkus. Tarif yang dipatok pun bervariasi antara 900 perak hingga Rp 3 juta. Semuanya tergantung bahan-bahan yang dipakai, cara pengerjaan, dan jenis mobil.

Mengganti seluruh jok sebuah mobil hanya memerlukan waktu satu hari penuh. Dalam sehari, Iwan dan krunya mampu menyelesaikan jok untuk tiga mobil dan enam mobil khusus pada Sabtu. Agaknya usaha yang sudah cukup lama digeluti ini cukup menjanjikan. Maklum konsumennya tidak cuma datang dari dalam negeri. Lihat saja, di antara puluhan pengusaha di kawasan Kebon Sirih, sudah ada yang menerima pesanan secara rutin dari Brunei Darussalam dan Malaysia.(TNA/Indy Rahmawati dan Bambang Triono)
    Video Terkini