Sukses

Menkopolhukam Siapkan Langkah Jaga Situasi Kondusif di Papua-Papua Barat

Menurutnya, aktivitas masyarakat di sana sudah berjaan normal meski provokasi masih sesekali ditemukan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto melaksanakan rapat koordinasi guna membahas kondisi terkini Provinsi Papua-Papua Barat pasca kerusuhan 19 Agustus 2019. Rapat itu dihadiri Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Wiranto menjelaskan, berdasarkan laporan per hari Senin (9/9/2019), kondisi di Papua-Papua Barat saat ini sudah berangsur aman dan kondusif.

"Saya telah menerima laporan langsung dari tempat setiap hari, baik dari Kapolri, Panglima TNI, Kepala BIN, dan juga dari unsur-unsur lain dan kita kompilasi di sini," ujar Wiranto di Gedung Kemenkopolhukam, Gambir, Jakarta, Senin (9/9/2019).

Menurutnya, aktivitas masyarakat di sana sudah berjaan normal meski provokasi masih sesekali ditemukan. Yakni seperti selebaran gelap yang menghasut masyarakat untuk melakukan unjuk rasa susulan.

Hal ini pun sudah disampaikan langsung kepada Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi.

"Dan ini sudah kita monitor, kita sudah tahu betul ya siapa-siapa pelaku-pelakunya," ungkap Wiranto.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Masih Lakukan Pendalaman

"Dan hari ini akan kita coba untuk melakukan pendalaman-pendalaman apa yang harus kita lakukan ke depan nanti. Bagaimana caranya kita untuk tetap menjaga agar situasi tetap kondusif," lanjut dia.