Sukses

Gapura Rentheng Pringapus, Daya Tarik Wisata Baru di Temanggung

Warga Dusun Pringapus berswadaya membuat gapura dengan konsep yang menarik dan artistik sehingga mampu menjadi daya tarik bagi pengunjung dan wisatawan untuk datang.

Liputan6.com, Temanggung Ingin mencari sesuatu yang unik dan instagramable di daerah Temanggung, Jawa Tengah? Kamu dapat mengunjungi Dusun Pringapus, Desa Klepu - Kecamatan Kranggan, Temanggung. Ada sebuah gapura berbentuk unik dan artistik, yang menarik untuk dipandang mata dan bidikan lensa kamera. Kreativitas warga Pringapus berhasil melahirkan Gapura Rentheng Pringapus yang menjadi daya tarik wisata baru di Temanggung.

Asal mula munculnya gapura

Menjelang HUT RI banyak warga RT, RW, Desa, Dusun dan Instansi berlomba-lomba menghias wilayahnya dengan berbagai macam hiasan, baik taman, gapura, maupun lampu lampu hias. Tek terkecuali warga di Dusun Pringapus. Mereka kompak berswadaya membuat Gapura yang konsepnya menarik, artistik namun dengan biaya yang terjangkau. Maka terciptalah Gapura Bambu sesuai dengan Nama Dusun yaitu Pringapus.

Pringapus merupakan jenis dari Bambu yang sangat banyak tumbuh di wilayah dusun tersebut sehingga lekat kaitanya dengan sejarah nama dusun itu sendiri. 

Bambu - bambu yang awalnya hanya dirangkai dan dianyam sebagai penghias jalan masuk dusun, tetapi setelah banyak anyaman dan gapura didirikan ternyata terlihat unik dan menarik untuk dilihat. Sehingga karang taruna setempat sepakat untuk lebih memperbanyak gapura-gapura kecil hingga jumlahnya tak terhitung lagi. Saling terhubung satu sama lain, bahkan hingga meluas ke areal pemukiman yang letaknya bersebrangan jalan meski masih menjadi satu dusun.

Gapura Rentheng Pringapus

Hingga kini, swadaya masyarakat tidak lagi bisa dihitung jumlahnya, warga semakin antusias tatkala melihat hasil karya dan kreasi para pemuda dusun untuk menghias kampung. Sungguh di luar dugaan, gapura-gapura bambu yang sederhana menjadi terlihat menarik unik menghiasi seluruh jalan dusun. Sebuah gardu pandang besar lengkap dengan tiang tiang bambu dan pilar pilar menjulang tinggi berdiari di tengah jalan persimpangan di dalam dusun.

Taman-taman hijau dengan berbagai macam jenis bunga menjadi hiasan memanjakan mata agar tak jenuh memandang gapura-gapura bambu. Lampu-lampu hias yang menyala malam hari menambah damai suasana dan semakain membuat betah untuk berlama lama melihat keunikan dusun ini.

Gapura Rentheng Pringapus kini berubah fungsi. Awalnya hanya untuk memeriahkan HUT RI ke 74, kini gapura menjadi daya tarik wisata baru bagi pengunjung maupun wisatawan untuk mengunjungi Dusun Pringapus. Tak hanya sekadar melihat keunikan gapura rentheng, kemudian berswa foto karena sangat instagramable, mereka juga dapat menikmati suasana damai ala Dusun Pringapus termasuk warna-warni lampu di malam hari.

Menyadari potensi wisata ini, Karang Taruna Dusun Pringapus pun berubah dan berbenah. Mereka menambahkan lokasi lokasi parkir untuk para pengunjung. Bahkan warung, kedai dan cafe sebagian sudah ada yang berdiri. Fasilitasnya akan terus disempurnakan mengingat semakin banyaknya para pengunjung yang datang untuk berwisata di Dusun Pringapus.

Cara menuju Dusun Pringapus

Lokasi Gapura Rentheng Pringapus tidak terlalu jauh dari jalan utama Semarang - Magelang. Sebagai patokannya adalah pasar Pringsurat yang berada di jalan utama. Sekitar pasar, Anda harus berbelok ke barat ke arah Kranggan Temanggung. Dari pasar hanya sekitar 1 kilometer dan nanti di sisi kiri jalan akan terlihat bentangan - bentangan gapura yang sudah menghiasi pinggir jalan hingga ke seluruh wilayah Pringapus.

Hingg kini, belum ada tarif resmi untuk mengunjungi desa yang masih berupaya untuk menjadi sebuah desa wisata di Kecamatan Pringsurat ini. Sehingga pengunjung masih bisa menikmati keindahan, keunikan dan kecantikan Gapura Rentheng Pringapus dengan budget terjangkau.

Yuk, segera datangi Dusun Pringapus Desa Klepu Kecamatan Kranggan Temanggung dan temukan keunikan bangunan gapura yang cantik menarik dan instagramable.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini