Sukses

Menanti Dialog Damai Redam Demo Mahasiswa

Untuk menurunkan suhu politik yang menghangat, usulan dialog antara DPR dengan mahasiswa pun mengemuka. Dialog terutama untuk meredam aksi mahasiswa yang di beberapa daerah berujung ricuh.

Liputan6.com, Jakarta - Suhu politik nasional menghangat akibat gelombang demo mahasiswa yang berujung ricuh di beberapa daerah di Tanah Air. Sejak Senin 23 September 2019, mahasiswa bergerak menyuarakan aspirasi mereka.

Tuntutan utama yang diusung dalam demo mahasiswa itu di antaranya menolak Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi atau UU KPK. Presiden Joko Widodo atau Jokowi didesak menerbitkan peraturan pemerintah pengganti UU atau perppu untuk membatalkan UU KPK.

Para mahasiswa juga menolak lima RUU yang dinilai kontroversial, salah satunya RUU Kitab Undang-Undang Hukum Pidana. Untuk menurunkan suhu politik yang menghangat, usulan dialog antara DPR dengan mahasiswa pun mengemuka.

Apa saja tuntutan utama para mahasiswa? Siapa saja elite dan tokoh yang menyerukan dialog untuk meredam demo mahasiswa? Simak dalam Infografis berikut ini:

Video Pilihan

2 dari 2 halaman

Infografis