Sukses

Deretan Jenderal TNI dan Polri Ini Dipilih Jadi Menteri Jokowi

Ada juga kalangan TNI dan Polri yang dipilih Jokowi-Ma'ruf Amin untuk mendampinginya bekerja menjadi menteri.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah mengumumkan nama-nama menteri untuk duduk dalam Kabinet Indonesia Maju.

Menteri pilihan Jokowi berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari profesional, pengusaha, hingga kader partai politik.

Tak hanya itu, ada juga kalangan TNI dan Polri yang dipilih Jokowi-Ma'ruf Amin untuk mendampinginya bekerja. Salah satunya adalah masuknya Prabowo Subianto. Ia bukan hanya dari kalangan partai politik, tapi juga purnawirawan TNI.

Selain Prabowo, ada pula dari kalangan Polri. Lalu, siapa sajakah jajaran TNI Polri yang masuk dalam jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju?

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Luhut Binsar Pandjaitan

Presiden Jokowi kembali menunjuk Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Luhut merupakan purnawirawan jenderal TNI AD. Dia wajah lama di pemerintahan Jokowi. Sebelumnya Luhut menempati pos yang sama dalam kabinet Jokowi-JK.

 

3 dari 7 halaman

Moeldoko

Kalangan TNI yang masuk dalam pemerintahan Jokowi periode kedua adalah Moeldoko. Purnawirawan Jenderal TNI AD ini merupakan Panglima TNI pada 2013 hingga 2015.

Sama seperti Luhut Binsar Panjaitan, Moeldoko juga merupakan wajah lama dalam kabinet Jokowi.

Pada periode pertama Kabinet Kerja Jokowi, dia dipercaya sebagai Kepala Staf Kepresidenan. Di periode kedua Moeldoko masih dipercaya menjadi Kepala Staf Kepresidenan.

 

4 dari 7 halaman

Terawan Agus Putranto

Selanjutnya, menteri Jokowi dari kalangan TNI Terawan Agus Putranto. Terawan ditunjuk sebagai Menteri Kesehatan.

Sebelumnya dia sebagai Kepala Rumah Sakit Angkatan Darat Gatot Soebroto. Pangkat terakhir Terawan di TNI adalah mayor jenderal.

 

5 dari 7 halaman

Prabowo Subianto

Lalu, ada juga Prabowo Subianto menteri Jokowi yang berasal dari TNI. Purnawirawan Letjen TNI AD ini terakhir menjabat sebagai Pangkostrad pada 1998.

Pada periode kedua pemerintahan Jokowi, Prabowo ditunjuk sebagai Menteri Pertahanan. Sebelumnya, Prabowo merupakan oposisi pemerintahan.

 

6 dari 7 halaman

Fachrul Razi

Kemudian ada Fachrul Razi, menteri Jokowi yang berasal dari TNI. Purnawirawan jenderal TNI AD ini merupakan mantan Wakil Panglima TNI pada 1999-2000.

Saat ini dia telah pensiun dari TNI. Pada periode kedua pemerintahan Jokowi, Fachrul ditunjuk sebagai Menteri Agama.

 

7 dari 7 halaman

Tito Karnavian

Dari kalangan Polri, Presiden Jokowi memilih Jenderal Tito Karnavian. Sebelum ditunjuk sebagai menteri, Tito menjabat sebagai Kapolri.

Dia kemudian mengundurkan diri dari posisi Kapolri karena dipilih menjadi Menteri Dalam Negeri.

 

Reporter : Desi Aditia Ningrum

Sumber : Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.