Sukses

Kemendagri: Dana Desa Paling Diimpikan Dibanding Sumber Pendapatan Lain

Benni menjelaskan, sebenarnya dana desa hanyalah satu sumber dari tujuh pendapatan dimiliki tiap desa.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Fasilitasi Keuangan dan Aset Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Benni Irwan mengatakan, pihaknya telah membuat transparansi sistem agar pengelolaan keuangan lebih baik. Dia mengklaim, 80 persen dari total 74 ribu lebih jumlah desa yang tersebar di seluruh provinsi Indonesia, sudah menerapkan sistem tersebut.

"Kita juga melakukan pengawasan dan pembinaan, teman di kecamatan kita dorong supaya bisa melakukan supervisi pemerintah di daerah," kata Benni saat diskusi Forum Merdeka Barat (FMB) dengan tema Polemik Dana Desa: Sudah Tepat Guna?," di Kantor Kemenkominfo, Jakarta Pusat, Selasa (19/11/2019).

Benni melanjutkan, sebenarnya dana desa hanyalah satu sumber dari tujuh pendapatan dimiliki tiap desa. Seperti dari, pendapatan asli desa, alokasi APBN, hasil pajak daerah dan retribusi daerah Kabupaten/Kota.

Kemudian dari dana perimbangan, bantuan Keuangan dari APBD Provinsi dan APBD Kabupaten/Kota, hibah dan sumbangan yang tidak mengikat dari pihak ketiga, dan dana desa.

"Namun memang dana desa yang paling diimpikan, karena bisa dikatakan secara umum persentasenya 80 persen dan inilah yang paling berpengaruh ke pembangunan desa itu sendiri," jelas Benni.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan Desa Fiktif

Terkait ditemukan penyaluran dana desa kepada desa diduga fiktif, Benny mengatakan, desa itu tidak fiktif. Hanya saja, administrasi desan tersebut belum tertib.

Karenanya Benni mengatakan pemerintah tengah melakukan validasi untuk menyisir hal tersebut.

"Kita dorong supaya bisa terjadi supervisi pemerintah dengan teman di daerah, juga supaya kebijakan lebih besar ada MOU Kemendagri, perangkat desa dan Polri untuk pencegahaan pengawasan dana desa, kita sosialisasikan kebijakan dan upayakan," Benni menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.