Sukses

Jelang HUT OPM, Mahfud Md: Mudah-mudahan Baik-Baik Saja

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan pihaknya mewaspadai keamanan di empat kota jelang HUT OPM.

Liputan6.com, Jakarta Menko Polhukam Mahfud Md berharap, kondisi Papua baik-baik saja jelang HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) 1 Desember 2019 mendatang.

"Ya mudah-mudahan baik-baik saja," kata Mahfud di kantornya, Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Sebelumnya, Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan pihaknya mewaspadai keamanan di empat kota jelang HUT OPM. Keempat kota itu adalah Jayapura, Sentani, Wamena dan Timika.

Apalagi, sudah terdengar informasi pergerakan dari kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) Papua akan turun gunung.

Dia mengatakan, khusus untuk Timika dimana ada PT Freeport pihaknya berupaya melakukan pengamanan secara maksimal mengingat ada ancaman dari KKSB yang akan mengganggu operasional perusahaan pertambangan terbesar di Indonesia.

Menurut Kapolda, laporan yang diterima terungkap bahwa KKSB dari berbagai wilayah di kawasan pegunungan tengah saat ini sudah berjalan kaki mendekati wilayah pertambangan.

"Memang ada laporan KKB sudah berada di sekitar operasional PT Freeport sehingga anggota diminta terus meningkatkan kewaspadaan," kata mantan Kapolda Sumut itu.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.