Sukses

Pesan Nadiem ke Guru: Ajaklah Siswa Diskusi, Bukan Hanya Mendengar

Nadiem Makarim mengajak guru Indonesia melakukan perubahan kecil di kelas.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengajak para guru Indonesia melakukan perubahan kecil di kelas.

Hal itu disampaikan di Peringatan HUT PGRI ke-74 dan Hari Guru Nasional 2019. Nadiem menyampaikan lewat rekaman video yang ditampilkan di hadapan peserta upacara pada Senin (25/11/2019).

"Besok, di mana pun Anda berada, lakukan perubahan kecil di kelas Anda," katanya.

Nadiem mengatakan ajaklah kelas berdiskusi, bukan hanya mendengar. Kemudian, berikan kesempatan kepada murid untuk mengajar di kelas.

"Cetuskan proyek bakti sosial yang melibatkan seluruh kelas," ujar dia.

Nadiem meminta para guru menemukan suatu bakat dalam murid yang kurang percaya diri.

"Tawarkan bantuan kepada yang sedang kesulitan," ujar dia.

Nadiem memahami bahwa setiap guru mengetahui potensi anak tidak bisa diukur dari hasil ujian, tetapi guru terpaksa mengejar angka karena didesak berbagai pemangku kepentingan.

Selain itu, guru mengerti bahwa anak punya kebutuhan yang berbeda, namun keseragaman telah mengalahkan keberagamaan sebagai prinsip dasar birokrasi.

"Anda ingin mengajak murid keluar kelas untuk belajar dari dunia sekitarnya, tapi kurikulum yang begitu padat menutup pintu petualangan. Anda ingin setiap murid terinspirasi. Tetapi Anda tidak diberi kepercayaan untuk berinovasi," ujar dia

"Anda frustrasi karena Anda tahu di dunia nyata kemampuan berkarya dan berkolaborasi yang akan menentukan kesuksesan anak, bukan kemampuan menghafal," Nadiem Makarim menandaskan.