Sukses

Kemendagri Tak Permasalahkan Anies Baswedan Hadiri Reuni 212 Pakai Baju Dinas

Anies tampak mengenakan pakaian dinas harian warna khaki atau cokelat muda saat menghadiri acara reuni 212 di Monas.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Akmal Malik tidak mempermasalahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang mengenakan pakaian dinas saat menghadiri reuni 212 di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Dia menyebut, tidak ada aturan khusus mengenai larangan seorang kepala daerah dalam mengenakan pakaian dinas saat menghadiri sebuah undangan. Apalagi undangan itu dihadiri Anies Baswedan saat hari kerja.

"Iya boleh dong, masa iya dia pakai gamis. Dia pakai pakaian dinas dong, karena kapasitasnya sebagai gubernur," kata Akmal saat dihubungi, Senin (2/12/2019).

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut serta dalam acara reuni 212 di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Anies tampak mengenakan pakaian dinas harian warna khaki atau cokelat muda.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Singgung Keragaman Indonesia

Saat menghadiri acara reuni 212, Anies Baswedan sempat menyinggung mengenai keberagaman Indonesia.

Bangsa Indonesia, sering menarik perhatian dan sering kita sampaikan karena keberagamannya. Sesungguhnya yang unik pada Indonesia bukan hanya keberagamannya," kata Anies di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Senin (2/12/2019).

Padahal kata dia, terdapat negara lain yang beragam pula seperti Indonesia. Namun, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menyebut ada sesuatu hal yang membuat Indonesia itu berbeda.

"Apa yang unik bangsa Indonesia dibandingkan yang lain? Keunikan kita adalah di sini ada persatuan Indonesia," ucapnya.

Dia menyebut bahwa reuni 212 yang di terjadi di Monas saat ini merupakan bentuk persatuan dari Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.