Sukses

Menko Polhukam Akui Ada Kelompok yang Gemar Mengkafirkan Orang Lain

Ada tiga kelompok yang dinilai gampang mengkafirkan dan menyalahkan orang yang berbeda pandangan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkon Polhukam) Mahfud Md menuturkan, di Indonesia ada kelompok Islam yang kerap mengkafirkan kelompok lainnya. Mahfud mengelompokkannya menjadi tiga, yaitu takfiri, jihadis, dan ideologis.

"Tidak bisa dibantah bahwa ada kelompok Takfiri. Yaitu kelompok yang selalu menyatakan orang lain kafir. Orang lain salah kalau tidak sama dengan dia," ujar Mahfud saat pidato di Mukernas V PPP, Jakarta, Sabtu (14/12/2019).

"Kalau orang misal pegang boneka Garuda dikira menyembah berhala. Takfiri. Menyalahkan orang lain," sambungnya.

Kemudian, ada kelompok Jihadis. Menurutnya, tidak bisa dibantah saat ini banyak orang jihadis yang melakukan pengeboman.

"Membunuh orang, pikirannya ngebom saja terhadap orang yang tidak sama. Namanya jihadis," ujar Mahfud.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ideologi Khilafah

Selanjutnya, kata dia, ada kelompok ideologis yang mengatakan negara ini salah dan harus dirombak dengan sistem lain, seperti khilafah islamiyah.

"Ketiga ada ideologis. Yang mengatakan negara ini salah. Harus rombak negara ini ganti sistem lain. Ganti negara Islam," ucap mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.