Sukses

Tim Gegana Amankan Gereja Katedral Jakarta Jelang Misa Natal

Internal Gereja Katedral sendiri memiliki 100 personel untuk keamanan internal, yaitu berupa swadaya dari umat dan juga sekuriti.

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro menurunkan tim gegana untuk memastikan keamanan Gereja Katedral Jakarta jelang malam misa Natal.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com di lokasi, Selasa (24/12/2019), setelah apel singkat, mereka langsung penyisiran sampai ke dalam gereja. Jemaat belum diperkenankan untuk masuk ke aula, meskipun sudah ada yang hadir.

Humas Katedral dan Keuskupan Agung Susyana Suwadie mengatakan, untuk keamanan memang seperti yang sudah-sudah bekerjasama dengan semua pihak.

Internal Gereja Katedral sendiri memiliki 100 personel untuk keamanan internal, yaitu berupa swadaya dari umat dan juga sekuriti.

"Untuk area luar dari Gereja Katedral itu didukung oleh Polri-TNI, yang saya dengar bahwa hari ini menurunkan kurang lebih 300 personel. Dan ada teman-teman dari GP Ansor yang turut membantu melancarkan keamanan, pada kali ini akan mengirimkan 30 personel," jelas Susyana.

Terkait masalah parkir, sebenarnya tak mengalami kendala walaupun lapangan Masjid Istiqlal yang biasa digunakan tengah direnovasi.

"Tapi antisipasi yang bisa kami sarankan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas dan parkir bagi warga atau umat yang akan datang itu, kalau memang ada yang mengantar bisa mengantar atau drop off di depan gereja, atau kalau bisa menggunakan kendaraan umum itu akan lebih baik untuk mengurangi kepadatan dan juga diimbau tidak membawa barang barang yang besar, keperluan secukupnya," pungkasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini: