Sukses

Bunga Rafflesia Tumbuh di Jambi

Rafflesia yang selama ini lebih dikenal sebagai tanaman yang tumbuh di Bengkulu ternyata juga hidup di Jambi. Warga menjaga tanaman itu dan menjadi tontonan yang menarik.

Liputan6.com, Jambi: Tanaman langka Rafflesia atau Rafflesia zollingeriana tumbuh di Jambi. Sebelumnya warga kerap membabat tanaman yang menebar bau busuk itu. Namun, belakangan tanaman itu dirawat dan menjadi tontonan menarik. Demikian laporan reporter SCTV dari Jambi, Selasa (17/9) [baca: Rafflesia Mekar di Jambi, Eh, Malah Dirusak].

Bunga Rafflesia di kebun jagung milik Pak Salim, warga Desa Sungai Duren, Kecamatan Jambi Luar Kota, misalnya, dirawat dan dipagar dengan papan kayu. Bunga setinggi 50 sentimeter dan diameter kelopak sekitar 30 sentimeter itu diperkirakan dapat bertahan selama sebulan.

Di Indonesia habitat Bunga Rafflesia adalah di Bengkulu dan dapat ditemukan di Hutan Lindung Bukit Daun Register V di Desa Taba Penanjung, Bengkulu Utara atau sekitar 43 kilometer dari Bengkulu arah ke Curup, Rejang Lebong. Bengkulu bahkan dikenal dengan sebutan Bumi Rafflesia.(YYT/Suhatman Pisang)
    Video Terkini