Sukses

Pasien dari RS St Carolus Sempat Kontak Langsung dengan 2 Warga Positif Corona

Pihak RSPI Sulianti Saroso masih menunggu hasil pemeriksaan pasien suspect Corona, guna memastikan apakah positif terpapar virus Corona atau tidak.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kesehatan mengatakan pasien berstatus suspect Corona dari Rumah Sakit St Carolus pernah berkontak langsung (close contact) dengan pasien positif Corona atau disebut Kasus 1.

Kini, pasien suspect tersebut telah dirujuk dan dirawat di Rumah Sakit Pusat Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso.

Saat ini, pihak RSPI Sulianti Saroso masih menunggu hasil pemeriksaan pasien tersebut guna memastikan apakah positif terpapar Virus Corona atau tidak.

"(Pasien) ada di (RSPI) Sulianti Saroso. Tunggu laboratoriumnya, karena ada close contact dengan kasus 1," kata Sesditjen P2P Kemenkes Achmad Yurianto di Kantor Staf Presiden, Kamis (4/3/2020).

Yurianto menegaskan bahwa pihaknya telah menelusuri siapa saja yang pernah berkontak langsung dengan dua pasien positif Corona. Hal ini agar Virus Corona tak  mewabah di Indonesia.

"Ini dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan dan lalu ditanya lagi bisa enggak teman-teman yang datang komunikasi dengan kita. Kita kejar seperti itu," jelas dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masih di Ruangan Isolasi

Sebelumnya, Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof. dr. Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, hingga kini masih merawat dua orang positif Virus Corona atau COVID-19, dan tujuh orang yang diduga suspect Corona. Seluruh pasien tersebut hingga kini masih berada di ruangan isolasi.

Dirut RSPI Prof. dr. Sulianti Saroso Mohammad Syahril mengatakan, dari sembilan yang dirawat terkait Corona, ada satu pasien dalam pengawasan ketat karena kondisinya semakin memburuk. Pasien itu berusia 65 tahun yang berasal dari rujukan rumah sakit swasta.

"Nah dari sembilan yang ada ini, memang satu keadaannya kurang baik, jelek ya. Karena dikirim dari rumah sakit swasta di sini dan di sana sudah dirawat selama satu minggu, dan pakai ventilator, jadi dikirim ke sini pakai ventilator, jadi umurnya 65 tahun, dan ini ada memang kurang baik keadaannya," katanya di RSPI Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Kamis (5/3/2020).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.