Sukses

Tips Tingkatkan Daya Tahan Tubuh untuk Tangkal Virus Corona

Telly menjelaskan bahwa rempah tidak bisa membunuh virus. Namun lebih kepada meningkatkan imunitas manusia.

Liputan6.com, Jakarta - Staf Ahli Divisi Respirologi dan Penyakit Kritis Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) dr. Telly Kamelia membeberkan cara mencegah virus corona atau Covid-19.

Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang bergizi guna meningkatkan imunitas di tubuh. Hal ini karena sampai saat ini para peneliti belum menemukan anti virus corona. Satu-satunya cara untuk melawannya adalah menggunakan mekanisme imunitas dalam tubuh kita.

"Tapi kita sadari Indonesia itu kaya dengan alternative medicine. Alternative medicine ini vitamin C dosis tinggi ternyata efektif untuk preventif virus, termasuk virus corona. Di China sendiri sudah ada clinical trial menggunakan vitamin C dosis tinggi," ucap Telly di Kantor Euro Management, Menteng, Jakarta, Jumat (6/3/2020).

Selain itu, Anggota Dewan Pakar Ikatan Alumni Program Habibie (IABIE) ini mengakui bahwa rempah-rempah di Indonesia memiliki kemampuan untuk menangkal virus tersebut. Hal ini karena di dalam kandungan beberapa rempah mengandung antiseptik.

"Punya khas untuk menurunkan prevalensi corona melalui konsumsi herbal dan rempah tersebut," ucapnya.

Telly menjelaskan bahwa rempah tidak bisa membunuh virus. Namun lebih kepada meningkatkan imunitas manusia. Yang mana imunitas ini berguna untuk membunuh corona secara alamiah di dalam tubuh.

Selain itu, cara lain untuk mencegah virus juga dengan istirahat yang cukup. Pasalnya istirahat cukup berguna untuk meningkatkan sistem imunitas.

"Tidur itu harus minimal 7 jam. Kalau kurang dari 7 jam justru itu menurunkan imunitas," kata dia.

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cairan Hangat

Telly juga mengimbau masyarakat untuk mengonsumsi air yang cukup. Utamanya air hangat yang menurut medis juga ampuh untuk membersihkan saluran nafas.

"Tidak yang dingin, kuman betah," jelasnya.

terakhir, Telly mengimbau masyarakat untuk hidup di lingkungan yang bersih. Di mana aliran udara dan sinar matahari bisa dengan baik masuk ke tempat tinggal kita.

"Intinya jangan panik. Tapi tetap waspada," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.