Sukses

Tes Covid-19 di Jakarta Bisa Dilakukan Eijkman hingga Laboratorium UI

Selama ini, tes spesimen untuk virus Corona hanya dilakukan di Laboratorium Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah memprediksi bahwa akan ada penambahan pasien positif virus Corona atau Covid-19 dengan jumlah cukup signifikan. Pemerintah pun telah menyiapkan sejumlah laboratorium lain di Jakarta untuk memeriksa spesimen virus Corona.

"Tak lama lagi, Jakarta juga akan dilakukan Lembaga Eijkman, Lab UI, dan Balai Besar Kesehatan Lingkungan. Kami harap setidaknya pekan depan bisa dilakukan," ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto dalam konferensi pers di BNPB Jakarta, Selasa (17/3/2020).

Adapun selama ini, tes spesimen untuk virus Corona dilakukan di Laboratorium Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes), Kementerian Kesehatan. Selain di Jakarta, pemerintah juga telah menyiapkan tes kesehatan di Surabaya dan Yogyakarta.

"Kami harap Surabaya tak hanya dari Universitas Airlangga namun juga Balai Besar Teknologi Kesehatan Lingkungan. Lalu, Yogyakarta, Banjar Baru, dan balai besar lain," jelas Yurianto.

Dia mengatakan, sudah ada 2.300 lebih spesimen virus Corona yang diperiksa. Menurut Yurianto, jumlah spesimen per harinya terus bertambah. Hal ini mengingat pemerintah terus melakukan penelusuran kepada pihak-pihak yang pernah berkontak dengan pasien positif.

"Ada beberapa hal yang tertinggal, spesimen sudah 2.300 lebih dan ini bergerak cepat. Dari hari ke hari kita bisa nambah 500 orang untuk dilakukan pemeriksaan," tutur Yurianto.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bertambah Jadi 172

Sebelumnya, jumlah pasien positif virus Corona atau Covid-19 di Indonesia bertambah. Hingga Selasa (17/3/2020) pukul 15.45 WIB, total kasus positif Covid-19 di Indonesia menjadi 172 orang dari hari sebelumnya dilaporkan 134 orang

Yurianto memastikan, secara umum pasien positiv Covid-19 yang dirawat dalam kondisi membaik. Dari total 172 orang positif Covid-19, sembilan orang di antaranya dinyatakan sembuh.

"Ada 9 orang dinyatakan sembuh dan boleh pulang. Dan ada beberapa orang lagi dengan pemeriksaan pertama negatif, tinggal pemeriksaan kedua tunggu dua hari lagi. Nanti kalau negatif bisa pulang," kata Yurianto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.