Sukses

PSBB Tangerang Raya Dimulai Besok, Puluhan Check Point Disebar

Dia pun sejumlah pasukan yang sudah disiapkan untuk melancarkan PSBB di Tangerang Raya.

Liputan6.com, Jakarta - Wilayah Tangerang Raya, diantaranya Kota dan Kabupaten Tangerang, serta Tangerang Selatan akan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Sabtu 18 April 2020 besok.

Kapendam Jaya Kolonel Zulhadrie mengatakan, pihak Kodim bersama 3 pilar yakni TNI, Polri dan Pemda, sudah melakukan sosialisasi mengenai hal ini.

"Jauh-jauh hari Kodim Tangerang, maupun Kodim Tigaraksa bersama 3 pilar sudah melakukan sosialisasi PSBB," kata Zulhadrie saat dikonfirmasi, Jumat (17/4/2020).

Dia pun sejumlah pasukan yang sudah disiapkan untuk melancarkan PSBB di Tangerang Raya. Bahkan sudah ada check point di pintu-pintu masuk.

"Ada check point yang sudah dibuat dari 3 pilar. Direncanakan Kota 28 check point, Tangsel 25 check point, Tigaraksa 46 check point," ungkap Zulhadrie.

Meski demikian, nanti jumlahnya akan menyesuaikan. "Sesuai kebutuhan," jelas Zulhadrie.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Petugas Gabungan Dikerahkan

Pada Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) nanti, Pemkot Tangerang yang semula akan membentuk 30 posko check point, akan menambah titik menjadi 48.

Puluhan posko itu tersebar di sejumlah titik, yang berada di perbatasan Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan dan DKI Jakarta. Nantinya, pada check point tersebut, akan disiagakan petugas untuk mensosialisasikan ke pengendara soal pelaksanaan PSBB, seperti penggunaan masker dan pembatasan penumpang di angkutan umum.

Sejak Rabu, 15 April 2020 hingga Jumat, 17 April 2020, petugas gabungan yang terdiri dari Dinas Perhubungan, Satpol PP, TNI dan Polri, sudah berada di titik posko tersebut.

"Total ada 48 titik, namun yang utama lantaran berada di jalan utama ada 15 titik. Sisanya tersebar di jalan lingkungan," ujar Kadishub Tangerang, Wahyudi, Kamis (16/4/2020).

Sementara, dalam sosialisasi pada salah satu titik check point wilayah perbatasan Jakarta Barat dengan Tangerang, yakni Jalan Daan Mogot, Batu Ceper, petugas gabungan memberikan edukasi dan juga brosur yang berisi apa saja hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat PSBB akhir pekan nanti. Terutama bagi angkutan barang dan transportasi umum.

"Untuk sosialisasi soal PSBB sudah kita lakukan selama dua hari, dihari pertama kita sosialisasi melalui imbauan juga membagikan masker. Kemudian hari ini kita sosialisasikan juga melalui imbauan dan pembagian brosur soal PSBB," kata Sekertaris Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Agus Wibowo.

Kegiatan sosialisasi itu dilakukan pada 15 titik atau lokasi check point yang ada diwilayah Kota Tangerang, baik itu yang berbatasan dengan Jakarta, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.