Sukses

Polantas Purwakarta Patroli Pakai Sepeda Gunung

Polisi lalu lintas (polantas) berpatroli dengan menggunakan sepeda motor atau mobil mungkin sudah biasa. Namun berbeda dengan polantas di Purwakarta. Mereka mengurai kemacetan lalu lintas dengan mengendarai sepeda gunung

Liputan6.com, Purwakarta: Polisi lalu lintas (polantas) berpatroli dengan menggunakan sepeda motor atau mobil mungkin sudah biasa. Namun berbeda dengan polantas di Purwakarta. Mereka mengurai kemacetan lalu lintas dengan mengendarai sepeda gunung.

Anggota kepolisian di bawah naungan Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Purwakarta melakukan patroli kelilingnya dengan menggunakan sepeda gunung bercat putih dan bertuliskan "police". Saat berdinas, mereka juga tak lupa mengenakan helm pesepeda dan rompi hijaunya.

"Patroli pakai sepeda bertujuan untuk mendukung kebijakan pemerintah untuk hemat BBM. Dengan adanya kita naik sepeda berarti kita memberikan contoh kepada masyarakat bahwa kita harus hemat BBM dan menjaga kesehatan dengan bersepeda," kata AKP Agus Wahyuddin selaku Kasat Lantas Polres Purwakarta, kepada liputan6.com saat ditemui di Purwakarta, Selasa (24/7).

AKP Agus menjelaskan bahwa demi mendukung program pemerintah tersebut dan untuk menjalankan tugasnya dengan mengatur lalu lintas, para pasukannya pada pagi hari berpatroli dengan sepeda. Makum, arus kemacetan terjadi setiap pagi hari.

"Ini dilakukan setiap pagi karena pagi hari itu banyak anak sekolah yang berangkat sekolah dan karyawan bekerja sehingga membuat kepadatan jalur di jalan raya sehingga kami mengimbangi pakai sepeda," ungkapnya.

Ia menjelaskan, program tersebut sudah berlangsung sejak empat bulan lalu semenjak dirinya ditugaskan menjadi Kepala Satuan Lalulintas di Polres Purwakarta. Dan program patroli sepeda tersebut akan terus dilakukan dengan pola berkesinambungan.

Perlu diketahui bahwa saat ini di Satlantas Polres Purwakarta telah menyediakan 35 unit sepeda yang tersedia untuk dipakai dalam menjalankan program patrolinya. "Itu tersedia di Polres, khususnya di Satlantas Polres Purwakarta," tandasnya.(MEL)
    Video Terkini