Sukses

DPR Minta Program Kartu Prakerja Jangan Dijadikan Polemik

Meskipun tidak seratus persen menjawab persoalan, menurutnya paling tidak dapat mengurangi beban ekonomi rakyat.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Gde Sumarjaya Linggih alias Demer mengimbau semua pihak agar Program Kartu Prakerja yang diluncurkan oleh pemerintah tak dijadikan polemik. Karena menurutnya, program tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat saat ini.

"Saya sudah turun langsung ke bawah, mendengarkan berbagai harapan masyarakat yang terdampak langsung maupun tidak langsung akibat wabah Covid-19. Kehadiran Program Kartu Prakerja ini sangat dirasakan manfaatnya," ungkap politisi asal Bali ini, Senin (27/4/2020).

Pria murah senyum ini mengungkapkan, momentum peluncuran program ini sangat tepat, di tengah kemandegan ekonomi akibat Covid-19. Meskipun tidak seratus persen menjawab persoalan, menurutnya paling tidak dapat mengurangi beban ekonomi rakyat.

Menurut Demer, apa yang diberikan oleh pemerintah ibarat paket komplit. Karena selain memberikan 'kail' berupa skill agar masyarakat sasaran program bisa survive secara ekonomi, juga diberikan 'ikan' berupa insentif untuk memenuhi kebetuhan jangka pendek.

"Yah, kalaupun masih terdapat berbagai kekurangan di sana-sini, masih bisa kita maklumi dan untuk dapat dibenahi sambil jalan. Dalam suasana kegentingan yang mendesak akibat pandemik seperti ini, kita tak mungkin menunggu hingga semuanya sempurna. Ini urusan perut dan juga imunitas ekonomi masayarak kelas bawah," tuturnya.

Sebagaimana ramai diberitakan, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) akan mulai menyelidiki polemik pelaksanaan program Kartu Prakerja dari sisi persaingan usaha dan meminta penjelasan pelaksana manajemen kartu prakerja dan Kementerian Kordinator Bidang Perekonomian.

Persoalan yang mendasar menurut KPPU adalah KPPU mendorong kegiatan itu sesuai prinsip persaingan usaha yang sehat, serta dalam usaha ada tender dan lain-lain. Kemudian KPPU melihat bagaimana 8 aplikator tersebut bisa sebagai penyedia pelatihan, bagaimana mekanismenya, apakah sudah sesuai atau belum?

Saat ini ada delapan platform digital yang bekerja sama dengan pemerintah, di antaranya adalah Bukalapak, Tokopedia, Mau Belajar Apa, Ruang Guru, Pijar Mahir, Pintaria, Sekolahmu, dan prakerja.kemnaker.go.id.

Demer menilai pemilihan mitra Kartu Prakerja telah sesuai kriteria dalam Peraturan Menteri Koordinator Perekonomian (Permenko) Nomor 3 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi Kerja Melalui Program Kartu Prakerja.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perlu Eksekusi Cepat

Dalam Pasal 26 menyatakan, untuk menyelenggarakan pelatihan, lembaga terlebih dahulu ditetapkan sebagai lembaga pelatihan Kartu Prakerja. Kriteria lembaga yang berhak menyediakan pelatihan meliputi kerja sama dengan platform digital, menyelenggarakan pelatihan sesuai kebutuhan pasar kerja, memiliki kurikulum dan silabus untuk program pelatihan, menyediakan tenaga pendidik, dan memiliki sistem evaluasi pembelajaran.

Menurutnya, dalam kondisi bencana non alam seperti sekarang ini perlu eksekusi cepat dan kiranya ke depan ada permasalahan maka akan dibenahi secara perlahan guna penyempurnaan. Apalagi lagi kartu prakerja tersebut akan mempermudah pengawasan penggunaan dana dari pada Bantuan Langung Tunai.

"Dalam masa mendesak seperti sekarang, dengan adanya penugasan pemerintah terkait mitra kerja. KPPU seharusnya tidak bisa masuk dalam lingkup itu. Saya rasa semua pihak perlu berpikir bijak dalam kondisi seperti saat ini," pungkas Demer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pemerintah membuka Program Kartu Prakerja sejak 2020 untuk membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19.

    Kartu Prakerja

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19