Sukses

Sempat Bertemu Jokowi, Fakta Wakil Wali Kota Solo Dinyatakan Positif Covid-19

Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo dikabarkan positif Covid-19 berdasarkan hasil swab test yang dilakukan akhir pekan lalu.

Liputan6.com, Jakarta Usai mengetahui Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo positif Covid-19, Presiden Joko Widodo atau Jokowi berencana melakun tes swab secepat mungkin karena pernah bertemu Purnomo seminggu yang lalu. 

Hal ini diungkap Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono ketika dikonfirmasi, Jumat (24/7/2020). Selain Presiden Jokowi, seluruh perangkat di Istana akan ikut melakukan tes swab.

"Jadwal bapak presiden memang hari ini jadwal tes kesehatan rutin," kata Heru.

Usai mengetahui dirinya dinyatakan positif Covid-19, terhitung mulai Kamis sore, 24 Juli kemarin, Purnomo telah menjalani isolasi secara mandiri di rumahnya. 

"Kayaknya saya merasa sehat sekali, nggak ada keluhan sama sekali, ndak tahu ini. Ya supaya hati-hati," kata Purnomo.

Berikut fakta-fakta Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo, terkonfirmasi positif Covid-19:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Usai Tes Swab 2 Kali

Purnomo mengaku menjalani tes swab dua kali pada Jumat, 17 Juli dan Sabtu, 18 Juli 2020 lalu dengan didatangi petugas di kediamannya.

"Coba tanya kepala dinas (kesehatan Kota Solo) saja, saya kan dua kali (tes swab) yang pertama negatif yang kedua kok kabarnya tendensi positif la saya ndak berani cerita. Nyuwun (minta) periksa kepala dinas Bu Ning saja. Ini hasilnya saya tunggu kok," ungkap dia.

Dia lalu mendapat informasi dirinya positif Covid-19, Kamis sore, 23 Juli 2020. 

"Kayaknya saya merasa sehat sekali, nggak ada keluhan sama sekali, ndak tahu ini. Ya supaya hati-hati," kata Purnomo.

3 dari 6 halaman

Sebelum Tes Swab Bertemu Jokowi

Sehari sebelum menjalani tes swab, Purnomo diketahui bertemu Jokowi pada Kamis, 16 Juli 2020.

Mereka bertemu sehari sebelum PDIP mengumumkan mengusung putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon Wali Kota di Pilwalkot Solo 2020.

Dari Jokowi pula, Purnomo mengetahui jika PDIP menjatuhkan pilihan ke Gibran.

Selama sepekan terakhir, Purnomo juga sempat menghadiri beberapa agenda. Di antaranya rapat paripurna dengan DPRD Kota Solo pada Rabu, 22 Juli 2020 dan rapat dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Solo, Kamis kemarin.

Setelah mengikuti rapat dengan OJK, Purnomo baru menerima hasil tes swab tersebut.

"Kemarin sore masih rapat di OJK. Isunya (positif Covid-19) kemarin sore. Kejelasannya nyuwun periksa kepala dinas saja," kata Purnomo.

4 dari 6 halaman

Dibenarkan Wali Kota Solo

Wali Kota Solo F.X Hadi Rudyatmo membenarkan informasi Purnomo positif Covid-19. Dia menjelaskan, hasil tes swab pertama hasilnya antara positif dan negatif atau abu-abu, sedangkan kedua dinyatakan positif.

Melihat kondisi ini, pria yang akrab disapa Rudy ini akan melakukan tes swab di lingkungan Pemkot Solo.

"Besok swab kabeh (semua)," kata dia.

5 dari 6 halaman

Jokowi Akan Tes Swab

Presiden Jokowi akan melakukan tes swab lebih cepat dari jadwal biasanya usai mendapat kabat Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo positif Covid-19 akibat infeksi virus Corona. Hal ini dilakukan karena Jokowi sempat bertemu dengan Purnomo pada pekan lalu.

Dia menuturkan, Istana selalu menerapkan protokol kesehatan pada tamu yang menemui Jokowi. Tamu yang masuk Istana harus melakukan rapid test sebelum bisa bertemu Presiden. Jokowi juga rutin melakukan tes swab.

"Saya yakin dan semoga Istana tetap steril. Contoh saja saya baru kemarin swab dan hasilnya negatif dan saya sering dan tiap hari berinteraksi dengan bapak Presiden," ucap Heru.

Menurut dia, tak hanya presiden, seluruh perangkat di Istana juga akan mempercepat jadwal tes swab dengan adanya kabar Purnomo positif Covid-19.

Jokowi sendiri pada hari ini, menjalani tes kesehatan berkala.

6 dari 6 halaman

Usai Melakukan Perjalanan dari Jakarta

Menurut Wali Kota Solo yang akrab disapa Rudy, Purnomo menjalani tes swab covid-19 lantaran yang bersangkutan usai melakukan perjalanan dari Jakarta pada Kamis 16 Juli 2020. Tes swab itu dilakukan pada hari Jumat dan Sabtu lalu.

"Iya Pak Pur abis pulang dari Jakarta," sebutnya, Jumat (24/3/2020). 

Oleh sebab itu Rudy mengimbau kepada para pejabat dan pegawai di lingkungan Pemkot Solo yang pernah melakukan kontak dengan Purnomo untuk tidak panik.

Selanjutnya, Dinas Kesehatan Kota Solo akan melakukan contact tracing kepada orang-orang yang pernah bertemu langsung dengan Purnomo.

"Saya kemarin saja masih duduk bersama saat rapat virtual dengan camat dan lurah. Besok saya dengan ibu akan swab di Loji (rumah dinas) jam 13.00 WIB," jelasnya.

Seperti diketahui, kepergian Achmad Purnomo ke Jakarta adalah atas undangan Presiden Jokowi untuk bertemu di Istana. Pertemuan itu untuk membicarakan terkait hasil rekomendasi DPP PDIP yang jatuh ke Gibran sebagai calon Wali Kota Solo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.