Sukses

Positif Covid-19, Wakil Wali Kota Solo Purnomo Tak Keluhkan Sakit

Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo mengaku kondisinya biasa saja meskipun terkonfirmasi positif Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo mengaku kondisinya biasa saja meskipun terkonfirmasi positif Covid-19. Kini dia menjalani karantina mandiri di kediamannya.

"Kayaknya saya merasa sehat sekali. Tidak ada keluhan sama sekali," kata Achmad Purnomo ketika dihubungi, Jumat, 24 Juli 2020.

Meski demikian, ia tetap berhati-hati dan tetap menjaga kesehatan. Setelah dinyatakan positif Covid-19, kini Purnomo menjalani karantina di rumahnya di Jalan Bhayangkara, Solo. Padahal pada Kamis kemarin masih mengikuti kegiatan rapat dengan OJK Solo.

"Ini karantina di rumah sejak kemarin. Karena hasil swabnya itu kabarnya keluar sejak kemarin sore," ujarnya.

Purnomo mengaku menjalani uji swab setelah pulang dari Jakarta untuk memenuhi undangan Presiden Jokowi di istana. Swab tersebut dilakukan sebanyak dua kali.

"Saya kan dua kali tes swab, yang pertama negatif terus yang kedua kol tendensi positif," akunya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Swab Test

 Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melakukan tes swab lebih cepat dari jadwal biasanya usai mendapat kabat Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo positif Covid-19 akibat infeksi virus Corona. Hal ini dilakukan karena Jokowi sempat bertemu dengan Purnomo pada pekan lalu.

"Saya rasa Bapak Presiden akan melakukan swab lebih cepat dari biasanya setelah mendengar Wakil Wali Kota Solo positif," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono ketika dikonfirmasi, Jumat (24/7/2020).

Dia menuturkan, Istana selalu menerapkan protokol kesehatan pada tamu yang menemui Jokowi. Tamu yang masuk Istana harus melakukan rapid test sebelum bisa bertemu Presiden. Jokowi juga rutin melakukan tes swab.

"Saya yakin dan semoga Istana tetap steril. Contoh saja saya baru kemarin swab dan hasilnya negatif dan saya sering dan tiap hari berinteraksi dengan bapak Presiden," ucap Heru.

Menurut dia, tak hanya presiden, seluruh perangkat di Istana juga akan mempercepat jadwal tes swab dengan adanya kabar Purnomo positif Covid-19.

Jokowi sendiri pada hari ini, menjalani tes kesehatan berkala.

"Jadwal bapak presiden memang hari ini jadwal tes kesehatan rutin," kata Heru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.