Sukses

Pemkot Tarakan Borong Penghargaan Bergengsi di Ajang Top BUMD Awards 2020

Penghargaan pertama yang diraih Pemkot Tarakan adalah kategori Top Pembina BUMD yang diraih oleh Wali Kota Tarakan, Khairul.

Liputan6.com, Tarakan Di ajang bergengsi Top BUMN Awards 2020 yang berlangsung di Golden Ballroom The Sultan Hotel, Jakarta Pusat, Kamis (27/8), Pemerintah Kota Tarakan memborong tiga penghargaan sekaligus.

Penghargaan pertama yang diraih Pemkot Tarakan adalah kategori Top Pembina BUMD yang diraih oleh Wali Kota Tarakan, Khairul. Penghargaan kedua, kategori Top BUMD 2020 diraih oleh PDAM Tirta Alam Kota Tarakan, dan yang terakhir kategori Top CEO BUMD diraih oleh Direktur PDAM, Iwan Setiawan.

Pencapain penghargaan kategori Top BUMD 2020 yang diraih menjadi spesial karena sejak sebelum terpilih menjadi Wali Kota, Khairul memiliki misi melakukan pemasangan sambungan air bersih Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Alam Kota Tarakan. 

Khairul melihat, pemasangan pipa gratis ini bisa meningkatkan kesejahteraan warga Kota Tarakan. Menurutnya, air bersih merupakan kebutuhan pokok bagi setiap orang. Inilah yang membuat Khairul bertekad untuk merealisasikan program tersebut.

"Air bersih itu kebutuhan pokok. Harapannya, program ini bisa meningkatkan kesejahteraan warga Tarakan. Waktu masih berkampanye, saya programkan dan alhamdulillah bisa kita direalisasikan walaupun dulu, kata orang susah. Soalnya anggaran Pemda terbatas," ujar Khairul saat ditemui di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Kamis (27/8).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

7.600 Sambungan Pipa Gratis Sudah Terpasang

Meskipun programnya ini sempat diragukan, namun ia optimis seluruh warga Tarakan bisa segera menikmati air bersih. Hal itu terbukti, saat ini, sudah 7.600 sambungan gratis yang terpasang. Ia menargetkan pada tahun ini bisa memasang 9 ribu sambungan. Jumlah tersebut di atas dari target yang ia tetapkan sebelumnya. Ia tidak menyangka ternyata programnya bisa berjalan lebih cepat karena mendapat bantuan dari pemerintah pusat.

"Alhamdulillah saat kita launching program ini, ternyata ada bantuan dari pusat. Sehingga bisa mempercepat program ini Kita sekarang sudah 7.600 sambungan. 3.100 dari dana APBN, 4.600 dari APBD Kota. Awalnya target program ini 10 ribu, tapi mudah-mudahan bisa sampai 15 ribu," ungkap Khairul.

Khairul mengatakan, sebenarnya angka-angka yang ia sebutkan di atas hanyalah estimasi semata. Targetnya, seluruh warga Kota Tarakan bisa mendapatkan air bersih. Ia berharap, programnya ini bisa terapung di di tahun ketiganya menjabat.

"Target kita sebenarnya bukan pada angka, tapi harapannya semua semua rumah bisa terpasang sambungan air bersih. Tadinya saya pikir 5 tahun selesainya, tapi insya Allah, kita optimis 2021 selesai," tuturnya.

 

 

 

3 dari 3 halaman

Air Bersih untuk Kesehatan Masyarakat

Khairul mengungkapkan, masyarakat Kota Tarakan terlihat sangat bahagia terhadap program ini. Ia menyadari hal ini karena memang air bersih sangat berpengaruh terhadap kesehatan warganya. Apalagi di saat pandemi virus Corona ini, kesehatan warganya menjadi hal yang sangat ia perhatikan. Inilah yang membuatnya sangat optimis untuk untuk segera merampungkan programnya.

"Sangat senang mereka, sangat antusias. Semuanya berterima kasih kepada pemerintah karena orang tidak bisa hidup kalau tidak minum. Kalau minum air tidak bersih kan tidak sehat. Kesehatan juga mempengaruhi indeks pembangunan manusia," tutupnya.

Seperti yang diketahui, TOP BUMD Awards merupakan penghargaan yang diberikan kepada BUMD terbaik yang telah berkontribusi tinggi terhadap pembangunan daerah. Ajang ini merupakan penilaian kinerja BUMD terbesar di Indonesia yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2016.

TOP BUMD Awards 2020 diikuti oleh 163 BUMD finalis dari total sekitar 1.149 BUMD di Indonesia. Dari jumlah tersebut, sebanyak 119 BUMD yang mengikuti proses penilaian secara lengkap, termasuk Wawancara Penjurian, yang telah diselenggarakan secara online sejak 16 Maret sampai 8 Juni 2020 secara Online.

Ada 8 Profesor dan beberapa Doktor di antara 30 Dewan Juri yang juga pakar dan ahli di bidang manajemen Bisnis dan BUMD, yang melakukan penilaian dalam TOP BUMD Awards ini. Ajang penghargaan TOP BUMD Awards 2020 digelar oleh majalah Top Business bersama Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) dan Lembaga Kajian Nawacita (LKN), serta beberapa lembaga Tim Penilai.

Ketua Dewan Juri Djohermansyah Djohan menyebutkan tiga kriteria tersebut menjadi dasar penilaian dan penentuan untuk menerima penghargaan TOP BUMD Level Bintang Lima. Beberapa perusahaan daerah air minum yang juga meraih penghargaan, antara lain Perumdam Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang, Perumda Air Minum Apa' Mening Kabupaten Malinau, PDAM Tirta Segah Kabupaten Berau dan PDAM Kabupaten Nunukan.

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini