Sukses

Doni Monardo: Covid-19 Itu Nyata dan Bukan Rekayasa

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Doni Monardo kembali mengingatkan, bahwa virus Covid-19 nyata. Sehingga bukan rekayasa apalagi konspirasi.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Doni Monardo kembali mengingatkan, virus Corona itu nyata. Bukan rekayasa apalagi konspirasi.

"Covid-19 adalah nyata bukan rekayasa. Covid-19 ini bukan konspirasi," kata Doni dalam acara virtual yang disiarkan melalui YouTube BKKBN Official, Jumat (2/10/2020).

Dia mengingatkan, Covid-19 telah mengakibatkan lebih dari 1 juta orang meninggal di tingkat global. Sementara itu, lebih dari 33 juta orang dinyatakan positif terjangkit virus SARS-CoV-2 itu.

Di Indonesia, 10.856 orang meninggal karena Covid-19. 291.182 Orang dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 dan 61.839 sedang dalam perawatan atau isolasi.

"Ini angka yang sangat besar," jelas Doni.

 

 

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Mematuhi Protokol

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini menekankan, Covid-19 menular lewat manusia. Proses penularan ini berbeda dengan virus flu burung dan flu babi yang menular lewat hewan.

Karena itu, kunci utama dalam memutus rantai penularan Covid-19 adalah menjaga perilaku manusia. Dengan cara mematuhi protokol kesehatan 3M.

Pertama, menggunakan masker. Kedua, menjaga jarak aman minimal satu meter. Ketiga, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir minimal 20 detik.

Berdasarkan temuan Badan Pusat Statistik (BPS), ada 17 persen masyarakat Indonesia belum percaya dan merasa yakin tidak akan terpapar Covid-19. Ini artinya, dari 270 juta masyarakat yang ada di Indonesia, 44,9 juta di antaranya tidak percaya Covid-19.