Sukses

Kemendagri: Selama Cuti Bersama Ada 419 Disdukcapil Buka Layanan

Dia menilai, sikap para ASN Dukcapil yang bekerja lembur di hari libur lebih dilandasi semangat militansi melayani masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh mengatakan selama tiga hari cuti bersama jumlah Dinas Dukcapil (Disdukcapil) kabupaten/kota yang lembur di hari libur terus meningkat.

Semula, kata Zudan, ada 318 kabupaten/kota pada Kamis lalu, hingga jadi 419 Disdukcapil di 34 provinsi yang melakukan pelayanan jemput bola pencetakan dokumen kependudukan Kartu Keluarga, Kartu Identitas Anak (KIA), KTP-el, dan akta-akta.

"Terdapat 419 Disdukcapil yang melakukan pelayanan. Adapun total perekaman KTP-el meningkat 19 persen menjadi 13.591 jiwa dengan KTP-el yang dicetak 60.615 keping. Semua KTP-el yang selesai dicetak langsung dibagi kepada pemohon di lokasi masing-masing," kata Zudan dalam keterangan pers, Minggu (1/11/2020).

Zudan juga mencatat terdapat 20 Disdukcapil kabupaten/kota dengan transaksi pembuatan akta, KK, KIA, surat pindah, perekaman dan pencetakan KTP-el tertinggi.

Daerah tersebut yaitu Brebes, Garut, Serang, Kota Surabaya, Kota Tangerang, Kota Jakarta Barat, Bengkalis, Tasikmalaya, Sukabumi, Pekalongan, Pidie, Bima, Kutai Kartanegara, Tulang Bawang, Bogor, Cianjur, Buleleng, Tangerang, Jember, dan Bantaeng.

Dia menilai, sikap para ASN Dukcapil yang bekerja lembur di hari libur lebih dilandasi semangat militansi melayani masyarakat. Pihaknya pun kata Zudan berjanji akan memberikan penghargaan bagi Dukcapil yang melayani masyarakat saat hari libur.

"Bahwa Kemendagri berjanji memberikan reward berupa 20 mesin Anjungan Dukcapil Mandiri itu memang benar, namun saya yakin dari hati yang paling dalam semangat utamanya adalah membahagiakan masyarakat," ungkap Zudan.

Sebelumnya diketahui, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berharap para pelayanan publik khususnya terkait pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) agar tetap membuka pelayanan kantor pada hari libur nasional serta cuti bersama. Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh mengatakan moment tersebut dapat dilakukan untuk akselerasi pelayanan perekaman dan pencetakan KTP-el.

"Mari kerabat Dukcapil kita lakukan jemput bola pelayanan perekaman data KTP-el dan pencetakan print ready record (PRR) atau data KTP-el lengkap siap cetak. Ini kita lakukan dengan niat tulus dan semangat militansi agar cakupan perekaman dan pencetakan KTP-el bisa mendekati 100 persen. Atau bagi wilayah Papua sekurangnya mencapai 70 persen," kata Dirjen Zudan Arif Fakrulloh dalam keterangan pers, Kamis (29/10/2020).

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apresiasi dari Mendagri

Dia juga menjelaskan, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian akan memberikan apresiasi untuk para petugas Dukcapil Mandiri. Penghargaan tersebut akan diberikan pada 20 Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

"Bahkan Mendagri Tito Karnavian akan memberikan apresiasi yang tinggi dengan menyediakan reward berupa 20 Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) bagi daerah yang menunjukkan kinerja terbaiknya," kata Dirjen Zudan memberikan semangat.

Diketahui, Oktober 2020 terdapat cuti bersama tanggal 28 dan 30 dengan tanggal 29 libur nasional Maulid Nabi Muhammad SAW. Pada November terdapat 9 hari libur akhir pekan Sabtu-Minggu. Sedangkan pada Desember terdapat lima hari cuti bersama pada tanggal 24, dan 28-31 Desember serta 25 Desember libur nasional Hari Raya Natal.

Reporter: Intan Umbari Prihatin/Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.