Sukses

Top 3 News: 6 Nama Tokoh Penerima Gelar Pahlawan Nasional dari Jokowi

Top 3 News hari ini, Presiden Jokowi menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh yang telah berjasa bagi bangsa dan negara.

Liputan6.com, Jakarta Top 3 news hari ini, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada mereka yang dianggap telah berjasa dalam perjuangan bangsa ini. 

Pemberian anugerah diberikan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional yang dilaksanakan di Istana Negara, Selasa, 10 November kemarin. 

Keenam tokoh yang baru saja ditetapkan sebagai pahlawan nasional adalah Sultan Baabulah, Machmud Singgirei Rumagesan, Jenderal Pol (Purn) Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo, Arnold Mononutu, Sutan Mohammad (SM) Amin Nasutio, dan Raden Mattaher Bin Pangeran Kusin Bin Adi.

Sementara itu, berita lainnya yang tak kalah disorot datang dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ketua KPK Irjen Firli Bahuri menyatakan, pihaknya akan kembali menangkap dua pejabat daerah yang terlibat kasus korupsi.

Siapa sosoknya, masih dirahasiakan, namun keduanya disebut Firli menjabat sebagai bupati dan wali kota.

Kedatangan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab menjadi berita yang tak kalah menyita perhatian pembaca Liputan6.com. Kali ini janjinya datang ke Indonesia bukan isapan jempol. 

Dari pantauan Liputan6.com, Selasa kemarin terlihat ribuan pendukung dan simpatisan Rizieq Shihab menggeruduk Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Sambil bersalawat massa menanti kedatangan pentolan FPI itu di Gate 1 Kedatangan Internasional Terminal 3 Bandara Soetta.

Sejumlah tokoh FPI pun ikut menyambut. Antara lain Ketum FPI Sabri Lubis dan Sekum FPI Munarman. Kemudian tampak Habib Hanif Alatas, Ketum PA 212 Slamet Ma'arif hingga Wasekjen PA 212 Novel Bamukmin.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Selasa, 10 November 2020:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Jokowi Tetapkan 6 Tokoh Ini Jadi Pahlawan Nasional

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh yang dianggap berjasa bagi bangsa dan negara semasa hidupnya. Upacara penganugerahan digelar di Istana Negara Jakarta, Selasa (10/11/2020).

Penganugerahan gelar Pahlawan Nasional berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 117/TK tahun 2020 yang ditetapkan pada 6 November 2020. Upacara penganugerahan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Enam tokoh yang ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional antara lain, Sultan Baabulah, Machmud Singgirei Rumagesan, Jenderal Pol (Purn) Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo, Arnold Mononutu. Kemudian, Sutan Mohammad (SM) Amin Nasutio dan Raden Mattaher Bin Pangeran Kusin Bin Adi.

Sultan Baabulah dari Maluku Utara merupakan seorang pahlawan yang berjuang mengusir Portugis dari wilayah jajahannya.

Sultan Baabulah yang dijuliki 72 negeri ini layak mendapat gelar Pahlawan Nasional karena perannya melepaskan Ternate dan Maluku dari penjajahan Portugis serta mampu membawa kemakmuran bagi wilayahnya.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Ketua KPK: 2 Kepala Daerah yang Bakal Jadi Tersangka Bupati dan Wali Kota

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri, mengatakan, pihaknya akan kembali menangkap kepala daerah.

Meski demikian, dia enggan merinci siapa yang dimaksud akan ditangkap KPK. Dirinya hanya memberi sinyal soal jabatan yang akan ditangkap pihaknya.

"Lihat saja nanti, minggu depan ada dua orang lagi, bupati dan wali kota (ditangkap)," kata Firli dalam diskusi daring, Selasa (11/10/2020).

Dia menegaskan, KPK menaruh perhatian betul terhadap kinerja para kepala daerah. Untuk perbandingannya, dirinya memperlihatkan data yang dimiliki pihaknya.

"122 orang bupati/wali kota dan 21 orang gubernur yang terjerat kasus korupsi. Kasus ini tersebar di 26 provinsi dari total 34 provinsi yang terdapat di Indonesia," ungkap firli.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Ribuan Pendukung Rizieq Shihab Duduki Gate 1 Terminal 3 Bandara Soetta

Jelang pesawat yang membawa Rizieq Shihab tiba, ribuan massa Front Pembela Islam (FPI) sudah menduduki Gate 1 Kedatangan Internasional Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Selasa (10/11/2020).

Dengan membawa atribut berwarna hitam dan poster Rizieq Shihab, massa terlihat bersalawat dan sebagian ada yang duduk di lantai pintu keluar Gate 1. Menurut salah seorang simpatisan, sudah sejak pukul 06.00 WIB massa berada di area Terminal 3.

Tampak beberapa alim ulama menenangkan massa. "Ayo, pecinta Habib Rizieq duduk. Kita harus tertib," ujar salah seorang simpatisan melalui pengeras suara.

Beberapa tokoh FPI yang datang menyambut Rizieq Shihab adalah Ketum FPI Sabri Lubis dan Sekum FPI Munarman. Kemudian tampak Habib Hanif Alatas, Ketum PA 212 Slamet Ma'arif hingga Wasekjen PA 212 Novel Bamukmin.

Barisan paling depan adalah barikade pasukan TNI. Sementara massa perempuan yang sebagian besar menggunakan cadar, tampak berada di sisi Gate 1. Begitu juga anak-anak, mereka berbaris rapi sembari membentangkan spanduk dari yayasan mereka berasal.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.