Sukses

4 Hal Terkait Kondisi Kesehatan Abu Bakar Ba'asyir yang Dirawat di RSCM

Abu Bakar Ba'asyir menjalani perawatan medis di RSCM, Jakarta Pusat lantaran kondisi kesehatannya menurun.

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri Pondok Pesantren Islam Al Mu'min, Abu Bakar Ba'asyir kini tengah menjadi sorotan. Terpidana kasus terorisme itu saat ini tengah menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

Abu Bakar Ba'asyir dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) usai dirinya dilaporkan mengalami mual dan pusing.

Adalah Kabag Humas dan Protokol Ditjen Pas Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Rika Aprianti yang sebelumnya mengabarkan bahwa Abu Bakar Ba'asyir sedang dirawat di rumah sakit.

"Ya sekarang dia sedang dirawat di rumah sakit. Biasa memang sakit, memang karena usia juga. Ada gangguan kesehatan dan sekarang sedang dirawat," kata Rika saat dikonfirmasi, Jumat (27/11/2020).

Dilaporkan pula bahwa Abu Bakar Ba'asyir menjalani perawatan dengan mendapat pengawalan ketat dari pihak Densus 88.

Berikut kabar terkait kondisi kesehatan Abu Bakar Ba'asyir atau kerap disapa Ustaz Abu yang kini tengah dirawat di RSCM Jakarta:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Faktor Usia

Selain mengalami gangguan kesehatan, faktor usia menjadi salah satu penyebab kondisi Ustaz Abu Bakar Ba'asyir saat ini tengah menurun. 

"Beliau sudah sepuh juga, usianya 82 tahun," kata Kepala Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Gunung Sindur Bogor, Mujiono, Jumat (27/11/2020).

Sementara itu, Kabag Humas dan Protokol Ditjen Pas Kemenkumham Rika Aprianti menuturkan, saat menjalani perawatan, Ustaz Ba'asyir dikawal oleh sejumlah petugas. Salah satunya dari pihak Lapas Gunung Sindur. 

"Rumah sakit di Jakarta dengan pengawalan dari pihak Lapas Gunung Sindur sendiri maupun Densus dan juga Brimob," jelas Rika.

3 dari 5 halaman

2. Mengeluh Mual dan Pusing

Terpidana kasus terorisme Abu Bakar Baasyir dirawat inap di RSCM sejak 24 November 2020.

"Kalau sekarang infonya sudah membaik, ustaz dirujuk sejak Selasa," kata Kepala Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Gunung Sindur Bogor, Mujiono, Jumat (27/11/2020).

Mulanya, dia mengeluhkan sakit kepala, mual dan gangguan kesehatan lainnya. Oleh karena itu, pihak lapas merujuk dia ke rumah sakit untuk mendapat perawatan.

Menurut Mujiono, Abu Bakar Baasyir dirujuk ke rumah sakit bukan kali pertama semenjak dia mendekam di jeruji besi Lapas Gunung Sindur Bogor.

"Ini bukan yang pertama beliau di rujuk ke RS, sudah lebih dari 5 kali kalau tidak salah," ujar Mujiono.

4 dari 5 halaman

3. Didampingi Tim Medis dari MER-C

Mujiono juga menjelaskan, bahwa tim dokter lapas rutin mengecek kondisi kesehatannya. Pemimpin Majelis Mujahidin Indonesia ini juga mendapat pendampingan tim medis dari MER-C setiap dua minggu sekali.

"Tim dari MER-C juga rutin memeriksa kesehatannya. Sama-sama kita doakan supaya beliau cepat pulih," kata dia.

Tak hanya itu, di dalam ruang tahanan pendiri Pondok Pesantren Islam Al Mu'min itu juga dibantu seorang napi lainnya.

"Karena sudah sepuh, jadi ada orang untuk membantu mengerjakan yang tidak bisa dilakukan oleh beliau," tutur Mujiono.

5 dari 5 halaman

4. Dikawal Densus 88 Antiteror Polri

Selain mendapat pengawalan dari petugas Lapas Gunung Sindur, pihak Ditjen Pas Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) juga dibantu oleh Tim Densus 88 Antiteror Polri.

"Rumah sakit di Jakarta dengan pengawalan dari pihak Lapas Gunung Sindur sendiri maupun Densus dan juga Brimob," tutur Rika.

Menurut Rika, kesehatan Abu Bakar Ba'asyir menurun disebabkan pula oleh faktor usia lanjut. Sejauh ini, tim dokter masih memberikan perawatan intensif.

"Biasa memang sakit, memang karena usia juga. Ada gangguan kesehatan dan sekarang sedang dirawat," kata Rika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.