Sukses

Jurus Pemerintah Pulihkan UMKM Saat Pandemi Covid-19

UMKM juga menjadi kelompok yang rentan di tengah situasi pandemi covid-19.

 

Liputan6.com, Jakarta - Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Mereka adalah ujung tombak perputaran ekonomi dalam negeri. Terlebih di masa pandemi Covid-19, UMKM memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas ekonomi nasional di tengah situasi yang tak pasti.

UMKM juga menjadi kelompok yang rentan di tengah situasi pandemi. Tak sedikit UMKM jatuh terjerembab akibat pandemi ini. Sementara itu, pelaku UMKM yang masih bertahan juga tak luput dari dampak pandemi secara ekonomi dan sosial.

Tak kurang dari 94,4 persen mengalami penurunan omzet penjualan lebih dari 60 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Mereka juga mengalami tekanan produksi yang disebabkan kenaikan biaya bahan baku dan kesulitan mempertahankan tenaga kerja.

"Baru kali pertama, Indonesia menyalurkan bantuan langsung ke UMKM. Ada 12 juta UMKM yang diberi bantuan," kata Wakil Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional, Bambang Widianto pada virtual talkshow dan press conference 'HSBC Membangun Masyarakat Tangguh', Selasa 15 Desember 2020.

Dampak pandemi menghantam berbagai sektor masyarakatan secara langsung yang mengakibatkan pemutusan hubungan kerja. "Angka pengangguran dari Februari 2020 6,68 juta. Ada 9,9 juta pengangguran selama pandemi. Usaha UMKM yang beroperasi normal hanya 28 persen," kata Bambang Widianto.

Agar tak terus berdampak, pemerintan mengeluarkan berbagai jurus paket bantuan khususnya untuk UMKM.

"Kalau kita lihat data-data, perekonomian dan UMKM mulai bangkit pada Mei 2020. Pemerintah memberikan restrukturisasi kredit, kemudian memberikan subsidi bunga dan memberikan bantuan. Setelah ini adalah tahap pemulihan dan berlanjut ke transformasi," imbuhnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemulihan Lebih Lanjut

Bambang Widianto menambahkan, tahun depan ada pemulihan ekonomi yang lebih lanjut dengan adanya vaksin dan berbagai bantuan yang diberikan.

Pada kesempatan yang sama, HSBC Indonesia mengungkapkan akan terus bersama pelaku usaha kecil dan mikro bangkit dimasa krisis.

"Secara bisnis, kami ingin berkembang bersama masyarakat dimana berada. Menjadi kewajiban kami disini untuk turut menjaga kelangsungan ekonomi dan sosial masyarakat," kata Head of Corporate Sustainability HSBC Indonesia, Nuni Sutyoko.

"Untuk pemulihan butuh pendampingan, UMKM dan petani tak hanya perlu diberi bantuan. Kami misalnya, menggandeng Rumah Zakat dan Wahana Visi Indonesia sejak 2016 bersama UMKM mengembangkan usahanya. Ini semua dilakukan agar UMKM kembali bangkit," ujarnya memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) adalah istilah umum dalam khazanah ekonomi.

    UMKM

  • Pandemi COVID-19 adalah peristiwa menyebarnya Penyakit koronavirus 2019 di seluruh dunia

    Pandemi COVID-19

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19