Sukses

Dokter Dante Saksono, Ahli Molekular Diabetes yang Dilantik Jadi Wakil Menteri Kesehatan

Dante akan bekerja sama dengan Budi Gunadi Sadikin yang ditunjuk Jokowi sebagai Menteri Kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menunjuk spesialis endokrologi dan ahli molekular diabetes Dante Saksono Harbuwono menjadi Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes).

Jokowi melantik Dante sebagai Wamenkes di Istana Negara Jakarta, Rabu (23/12/2020).

Dante diketahui adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Ia medalami bidang endokrinologi dan merupakan ahli molekular diabetes pertama di Indonesia.

Pria kelahiran Temanggung, 23 Maret 1973 ini mendapat gelar Ph.D bidang Molekular Diabetes dari University of Yamanashi, lulus pada 2008.

Dante tercatat sebagai anggota beberapa organisasi kedokteran seperti Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), dan Kolegium Persatuan Endokrinologi Indonesia (PERKENI).

Ia bahkan turut menjadi pengurus Besar Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PB PERKENI) dan dipercaya sebagai Wakil Ketua, Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI), serta Ketua Perhimpunan Endokrinologi Indonesia – Jakarta Rata (PERKENI JAYA).

Dante akan bekerja sama dengan Budi Gunadi Sadikin yang ditunjuk Jokowi sebagai Menteri Kesehatan. Budi merupakan Wakil Menteri BUMN yang ditunjuk meggantikan Terawan Agus Putranto.

Posisi Wakil Menteri BUMN kemudian diisi oleh Pahala Nugraha Mansyuri. Dia dikenal sebagai Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lantik 6 Menteri dan 5 Wakil Menteri

Pelantikan wakil menteri bersamaan dengan menteri baru hasil reshuffle kabinet. Adapun pelantikan para menteri berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 133/P tahun 2020 tentang Pengisian dan Penggantian Beberapa Menteri Negara Kabinet Indonesia maju periode tahun 2019-2024.

Sementara untuk wakil menteri, berdasarkan Keppres Nomor 76 tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju periode tahun 2019-2024. Keppres ditetapkan di Jakarta dan mulai berlaku mulai 23 Desember 2020.

 

Berikut 6 menteri baru yang dilantik Jokowi:

 

1. Menteri Sosial: Tri Rismaharini

2. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Sandiaga Salahudin Uno

3. Menteri Kesehatan: Budi Gunadi Sadikin

4. Menteri Agama: Yaqut Cholil Qoumas

5. Menteri Kelautan dan Perikanan: Wahyu Sakti Trenggono

6. Menteri Perdagangan: Muhammad Luthfi

 

Sementara itu, 5 wakil menteri yang dilantik Jokowi antara lain:

 

1. Wakil Menteri Pertahanan: Letjen TNI M. Hendardi

2. Wakil Menteri Hukum, dan HAM: Edward Komar Syarief Hiariez

3. Wakil Menteri Kesehatan: Dante Saksono Harbuwono

4. Wakil Menteri Pertanian: Harfiq Hasnul Qolbi

5. Wakil Menteri BUMN I: Pahala Nugraha Mansyuri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.