Sukses

KNKT Sebut Sudah Temukan Titik Jatuhnya Sriwijaya Air

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyebut sudah menemukan titik jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 rute Jakarta-Pontianak di Perairan Kepulauan Seribu.

Liputan6.com, Jakarta - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyebut sudah menemukan titik jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 rute Jakarta-Pontianak di Perairan Kepulauan Seribu.

"Titik tempat jatuhnya sudah di sana, hari ini Basarnas yang sudah di sana," tutur Kepala KNKT Suryanto, Sabtu (9/1/2021).

Lalu, keesokan hari atau Minggu, 10 Januari 2021, KNKT akan melakukan survei kondisi perairan. Ini dilakukan untuk memastikan beberapa hal, seperti kedalaman perairan dan alat apa yang cocok diturunkan di kedalaman air tersebut.

"Saat ini kordinasi terus dengan Basarnas, TNI AU. Karena kan Basarnas yang memegang search and rescue, kalau Basarnas bilang bisa investigasi, kami akan lakukan," katanya.

KNKT juga sudah berkordinasi dengan BNPT untuk meminjam Baruna Jaya 4 untuk mencari Sriwijaya Air. Karena dilengkapi dengan peralatan survei bawah air, yang sering dipakai untuk pencarian under water.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengecekan Awal

Sebelum terjun besok, hari ini KNKT sudah melakukan banyak hal. Seperti keadaan cuaca, keadaan pesawat dan lainnya.

"Kami masih tahap pengumpulan data, pencatatan diawal. Seperti cuaca seperti apa, ini kita berkordinasi dengan BMKG," tutur Kepala KNKT, Suryanto, Sabtu (9/1/2021).

Lalu pencatatan awal yang dilakukan adalah keadaan pesawat sebelum terbang, penerbangan ketika dirilis seperti apa kondisinya, dan berbagai hal lain yang akan dilakukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.