Sukses

Turunan UU Cipta Kerja Segera Lengkap, Jokowi: Tingkatkan Kelas UKM dan UMKM

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, aturan turunan dari Undang-Undang Cipta Kerja sudah ada yang diterbitkan sebagian.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, aturan turunan dari Undang-Undang Cipta Kerja sudah ada yang diterbitkan sebagian. Sisanya, Jokowi janji segera terealisasi.

Menurut dia, hal ini guna meningkatkan kemudahan berusaha.

"Undang-Undang Cipta Kerja telah diundangkan, dan peraturan turunnya akan segera diterbirkan sudah ada yang selesai dan yang lain segera menyusul, untuk meningkatkan berusaha," kata Jokowi dalam Penandatanganan Komitmen PMA dan PMDN dengan UMKM via daring dari Istana Bogor, Senin (18/1/2021).

Menurut Jokowi, aturan turunan itu nantinya bisa membantu sektor usaha kecil menegah atau UKM dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Sebab, kedua unit tersebut telah menjadi bagian dari rantai produksi dunia.

"Kemitraan UMKM, UKM dengan usaha besar sangatlah penting agar UMKM kita bisa masuk dalam rantai produksi global," jelas Jokowi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harapan

Jokowi berharap dengan adanya turunan aturan dari beleid Cipta Kerja, maka UKM dan UMKM, dapat terus meningkatkan kelasnya, mulai dari produk, tata kelola, dan membantu pertumbuhan ekonomi bagi Indonesia.

"Kualitas produknya menjadi lebih baik, desain menjadi lebih baik, manajemennya lebih baik dan lebih bankable, bisa belajar dari perusahaan besar dalam negeri maupun asing, menjadi sebuah pertumbuhan ekonomi yang inklusif, pertumbuhan ekonomi berkeadilan, dan pemerataan," Jokowi menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.