Sukses

5 Pernyataan Jokowi Usai Tinjau Vaksinasi Covid-19 Massal di Riau

Salah satunya diungkap Jokowi adalah soal kendala dalam mendistribusikan vaksin Covid-19 di Kepulauan Riau.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau vaksinasi massal Covid-19 di GOR Pekanbaru, Riau pada Rabu, 19 Mei 2021.

Usai meninjau vaksinasi massal Covid-19 itu, Jokowi menyampaikan sejumlah perkembangan terkini terkait penanganan virus Corona di Riau.

Salah satunya diungkap Jokowi adalah soal kendala dalam mendistribusikan vaksin Covid-19 di Kepulauan Riau.

Pasalnya, Kepulauan Riau merupakan provinsi yang terdiri dari beberapa pulau dimana jarak tempuhnya cukup jauh.

"Memang problemnya di sini adalah distribusi vaksin yang harus masuk karena ini adalah provinsi kepulauan, masuk ke pulau-pulau yang jaraknya memang tidak gampang dan sangat jauh," ujar Jokowi usai menijau vaksinasi Covid-19 massal di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, Rabu, 19 Mei 2021.

Kemudian, mantan Gubernur DKI Jakarta itu berjanji akan memberikan priotitas vaksin Covid-19 gotong royong untuk Kota Batam, Kepulauan Riau. Hal ini mengingat Batam merupakan kota industri yang menjadi penopang perekonomian daerah.

"Di samping saya ada Pak Menteri Kesehatan akan kita berikan prioritas untuk Batam utamanya untuk industri," papar Jokowi.

Berikut sejumlah pernyataan Jokowi usai tinjau vaksinasi Covid-19 massal di GOR Pekanbaru, Riau dihimpun Liputan6.com:

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Harap Vaksinasi Covid-19 Bentuk Herd Immunity

Presiden Joko Widodo atau Jokowi berharap program vaksinasi massal dapat segera membentuk herd immunity atau kekebalan komunal. Dengan begitu, angka penularan virus Corona di Kepulauan Riau dapat ditekan.

"Kita harapkan juga segera tercapai herd immunity, tercapai kekebalan komunal dan penularan Covid-19 bisa kita hentikan, kita kurangi, kita cegah secepat-cepatnya," ujar Jokowi usai memberikan keterangan pers usai meninjau vaksinasi massal di GOR Pekanbaru, Riau, Rabu, 19 Mei 2021.

Setidaknya, ada sekitar 10.800 masyarakat yang mengikuti vaksinasi Covid-19 massal di Kota Pekanbaru.

Pada pelaksanaan vaksinasi tersebut, pemerintah setempat menyasar para pelayan publik, guru, tokoh agama, tokoh masyarakat, hingga lansia.

 

3 dari 7 halaman

Sampaikan Peringatan

Selain itu, Jokowi memberikan beberapa peringatan mengenai penyebaran Covid-19 di Provinsi Riau.

Dirinya meminta agar daerah dengan penyebaran Covid-19 tinggi segera melakukan upaya untuk menurunkan kasus aktif virus Corona.

"Saya menyampaikan tadi bahwa kota dan kabupaten yang memiliki tingkat penyebaran kasus positif yang tinggi harus segera menekan agar kasus-kasus yang ada menjadi lebih sedikit," kata Jokowi.

Dia pun mewanti-wanti potensi kenaikan kasus Covid-19 pasca-lebaran 2021. Sebab, ada 1,5 juta masyarakat yang masih nekat pulang ke kampung halaman meski sudah dilarang mudik pada 6-17 Mei 2021.

"Hati-hati gelombang kedua, gelombang ketiga di negara-negara tetangga kita sudah juga mulai melonjak drastis," ucap Jokowi. 

 

4 dari 7 halaman

Ungkap Sulitnya Distribusi Vaksin Covid-19 di Riau

Jokowi kemudian mengungkapkan kendala mendistribusikan vaksin Covid-19 di Kepulauan Riau.

Pasalnya, Kepulauan Riau merupakan provinsi yang terdiri dari beberapa pulau dimana jarak tempuhnya cukup jauh.

"Memang problemnya di sini adalah distribusi vaksin yang harus masuk karena ini adalah provinsi kepulauan, masuk ke pulau-pulau yang jaraknya memang tidak gampang dan sangat jauh," ujar Jokowi.

"Misalnya, dari sini ke Natuna, dari sini ke Anambas, bukan jarak yang dekat," sambung dia.

 

5 dari 7 halaman

Perintahkan Menkes Kirim Vaksin Covid-19 Lebih Banyak ke Riau

Jokowi menginstruksikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk mengirimkan vaksin Covid-19 lebih banyak ke Provinsi Riau.

Hal ini agar tercipta herd immunity atau kekebalan komunal sehingga penularan virus corona dapat ditekan.

"Nanti (vaksin) akan dipakai untuk vaksinasi di Kota Pekanbaru dan di Kota Dumai. Sehingga kita harapkan, kita dapat segera mencapai kekebalan komunal," papar Jokowi.

 

6 dari 7 halaman

Akan Beri Prioritas Vaksin Gotong Royong untuk Kota Batam

Terakhir, Jokowi berjanji akan memberikan priotitas vaksin Covid-19 gotong royong untuk Kota Batam, Kepulauan Riau. Hal ini mengingat Batam merupakan kota industri yang menjadi penopang perekonomian daerah.

"Di samping saya ada Pak Menteri Kesehatan akan kita berikan prioritas untuk Batam utamanya untuk industri," terang dia.

Adapun vaksinasi gotong royong adalah inisiatif dari kalangan pengusaha untuk membantu pemerintah mempercepat herd immunity atau kekebalan komunal. Melalui program ini, perusahaan memberikan vaksin secara gratis kepada para pekerja dan buruh.

Dia menyampaikan bahwa saat ini pemerintah memang kesulitan untuk mendaptkan vaksin gotong royong. Menurut dia, jumlah vaksin gotong royong yang dibutuhkan sebanyak 30 juta dosis.

"Tapi baru masuk ke negara kita Indonesia baru 420.000 (dosis vaksin). Masih kecil sekali, memang (vaksin) ini jadi rebutan," jelas Jokowi.

7 dari 7 halaman

Jokowi dan Pemimpin Dunia Disuntik Vaksin Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.