Sukses

Polisi Dorong TPL dan Masyarakat Tempuh Solusi Damai untuk Hindari Provokator

Semua pihak diminta menjaga kondusivitas wilayah Sumatera Utara, khususnya di Kabupaten Toba.

Liputan6.com, Jakarta - PT Toba Pulp Lestari Tbk (TPL) dan masyarakat Desa Natumingka didorong untuk menempuh cara damai dalam menyelesaikan persoalan yang dihadapai. Semua pihak harus menjaga kondusivitas wilayah Sumatera Utara, khususnya di Kabupaten Toba.

Hal itu disampaikan Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya melalui Kasubbag Humas Polres Toba Iptu B. Samosir.

“Kami berharap kedua belah pihak dapat menahan diri dari permasalahan yang ada, agar tidak terjadi lagi bentrokan dan sebaiknya mencari kesepakatan untuk solusi yang terbaik. Tentunya tetap dengan mematuhi aturan hukum,” tegas Bungaran Samosir kepada media, Sabtu 22 Mei 2021.

Iptu B Samosir juga meminta agar kedua belah pihak dapat menahan diri, dan tidak terpancing emosi agar tidak dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab atau provokator.

Menurutnya, aksi-aksi kekerasan fisik dapat merugikan kedua belah pihak. Selain itu, juga bisa mengganggu kenyamanan masyarakat dan dunia usaha di Kabupaten Toba.

“Mari kita isi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan dunia usaha yang membutuhkan masyarakat sebagai pekerjanya, begitu pula sebaliknya masyarakat juga butuh dunia usaha dan investasi untuk perkembangan ekonomi daerah yang kita cintai,” harap Iptu B. Samosir.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bentrokan

Sebelumnya Masyarakat dan karyawan PT Toba Pulp Lestari (TPL) terlibat bentrok terkait lahan di Desa Natumingka, Kecamatan Borbor, Kabupaten Toba, Sumatra Utara, Selasa 18 Mei 2021 lalu.

Bentrokan itu dipicu rencana pihak PT TPL yang ingin menanam eukaliptus di atas tanah adat masyarakat Natumingka.

Akibat bentrokan itu, puluhan masyarakat setempat mengalami luka-luka. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.