Sukses

Satgas Covid-19: Kita Tidak Perlu Lockdown Satu Pulau, tapi Cukup Diri Sendiri

Alex menyebut, PPKM Mikro yang diterapkan saat ini lebih baik jika dibandingkan dengan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan PPKM awal.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Alexander K Ginting menyatakan, bahwa lockdown satu pulau bukan solusi tepat untuk menekan laju penyebaran virus corona.

Menurutnya, langkah terbaik memutus penularan virus SARS-CoV-2 pemicu Covid-19 itu dengan lockdown diri sendiri.

Lockdown diri sendiri, sambung Alex, bisa dilakukan melalui kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

"Jadi kita tidak perlu lockdown satu pulau, yang di-lockdown itu diri kita. Kalau ada kerinduan mudik, itu lah yang di-lockdown. Kalau ada yang kepingin ngobrol-ngobrol atau masuk ke warteg, itu yang di-lockdown. Kalau kita kerumunan ke pasar, itu yang di-lockdown," katanya dalam diskusi virtual, Sabtu (26/6/2021).

"Jadi jangan kita misalnya mengejar tikus, rumahnya dibakar. Ya kejar tikusnya, jangan rumahnya dirusak," sambungnya.

Alex menyebut, PPKM Mikro yang diterapkan saat ini lebih baik jika dibandingkan dengan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan PPKM. PSBB telah dilaksanakan sejak 10 April 2020 hingga 10 Januari 2021 di 20 wilayah Indonesia.

Sementara PPKM diterapkan sejak 11 Januari hingga 25 Januari 2021. Namun, PSBB dan PPKM tidak efektif menekan kasus Covid-19.

Menurut Alex, kebijakan PSBB dan PPKM tidak efektif menekan penularan Covid-19 karena masyarakat. Masyarakat, kata dia, tidak patuh menerapkan protokol kesehatan.

"Lihat saja kemarin yang mudik, yang marah-marah di mobil siapa? Ibu-ibu kan? Kalau sudah ibunya marah, bapak yang nyupir emosi juga. Persoalannya di situ. Kemudian kita lihat di Jembatan Suramadu, kita mau cegah kasih swab gratis saja, (masyarakat) bisa ngajak kita duel," jelasnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Desakan Lockdown

Pakar kesehatan hingga organisasi profesi kedokteran mendesak pemerintah menerapkan lockdown untuk memperlambat laju penularan Covid-19. Desakan ini menyusul terjadinya lonjakan kasus Covid-19 di sejumlah daerah, terutama Pulau Jawa.

Ketua Dewan Pertimbangan Pengurus Besar (PB) Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Prof Zubairi Djoerban mengatakan idealnya lockdown dilakukan selama dua minggu di seluruh Indonesia.

"Lockdown yang ideal tentu lockdown yang ketat dengan pendisiplinan. Artinya ada yang menjaga agar aturan dipatuhi," kata Prof Zubairi kepada merdeka.com, Selasa (22/6).

 

Reporter: Titin Supriatin

Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Infografis Lockdown Bukan Lagi Cara Utama Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.