Sukses

Bandara Soetta Mulai Buka Sentra Vaksinasi untuk Calon Penumpang

Sentra vaksinasi juga akan dibuka di bandara-bandara AP II lainnya dengan berkoordinasi bersama KKP Kemenkes setempat.

Liputan6.com, Jakarta Guna mendukung calon penumpang pesawat memenuhi protokol kesehatan, Angkasa Pura (AP) II menggandeng Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) setempat dengan membuka Sentra Vaksinasi Bandara Soekarno-Hatta.

Sentra vaksinasi tersebut berada di dua lokasi, yakni di Terminal 2 bagi penumpang Lion Air Group serta Terminal 3 bagi penumpang Garuda Indonesia dan Citilink. Selanjutnya, sentra vaksinasi juga akan dibuka di bandara-bandara AP II lainnya dengan berkoordinasi bersama KKP Kemenkes setempat.

"Sentra vaksinasi di bandara AP II ini juga dalam rangka mendukung percepatan program vaksinasi yang dicanangkan pemerintah agar Indonesia dapat mencapai kekebalan komunal atau herd immunity," ujar Presiden Director PT AP II, Muhammad Awaluddin, Sabtu (3/7/2021).

Di samping itu, telah menyediakan layanan realtime Reverse Transcriptase Polimerase Chain Reaction (rRT-PCR), guna mendukung calon penumpang memenuhi protokol kesehatan. Bandara Soekarno-Hatta mulai 5 Juli 2021 akan menyediakan layanan Rapid Molecular Test-RT PCR dan Isothermal Rapid Molecular Test-NEAR yang dapat mendeteksi Virus COVID-19 hanya dengan waktu kurang lebih 45 menit saja.

"Layanan dimaksud dapat diperoleh di Airport Health Centre Bandara Soekarno-Hatta yang dioperasikan oleh Farmalab," kata Awaluddin.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penggunaan Sudah Disetujui

Rapid Molecular Test dan Isothermal Rapid Molecular ini telah disetujui penggunaannya pada periode PPKM Darurat oleh KKP Kelas I Soekarno-Hatta yang berada di bawah Kementerian Kesehatan.

"Sentra vaksinasi dan ketersediaan tes Covid-19 yang memenuhi syarat di Bandara Soekarno-Hatta akan mendukung calon penumpang pesawat memenuhi peraturan PPKM Darurat. Fasilitas serupa juga akan tersedia di bandara-bandara AP II lainnya," ungkap Awaluddin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.