Sukses

Kasus Covid-19 Masih Tinggi, Jokowi Ajak Masyarakat Banyak Makan Buah dan Sayur

Jokowi menilai kandungan gizi yang ada dalam buah-buahan khas Indonesia tak kalah berlimpah dibandingkan buah impor.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayur di masa pandemi Covid-19. Pasalnya, buah dan sayur dinilai dapat meningkatkan stamina dan imunitas tubuh yang membuat masyarakat kuat melawan paparan virus.

"Di masa pandemi seperti sekarang ini kita harus terus menjaga stamina dan meningkatkan imunitas tubuh, yaitu dengan mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayur agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit," kata Jokowi saat menghadiri Pembukaan Gelar Buah Nusantara ke-6 yang ditayangkan secara virtual, Senin (9/8/2021).

Menurut dia, Indonesia sebetulnya memiliki beragam jenis buah-buahan yang mudah didapatkan, mengandung banyak vitamin, dan harganya terjangkau. Hanya saja, tingkat konsumsi masyarakat Indonesia terhadap buah-buahan masih jauh dari rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Meskipun kita memiliki banyak buah-buahan khas Indonesia, namun tingkat konsumsi buah kita masih rendah 88,5 gram per orang per hari, masih jauh di bawah rekomendasi WHO sebesar 150 gram per orang per hari," jelas dia.

Jokowi juga mengimbau masyarakat untuk lebih mencintai aneka buah-buahan nusantara. Dia menilai kandungan gizi yang ada dalam buah-buahan khas Indonesia tak kalah berlimpah dibandingkan buah impor.

Selain dapat menambah asupan gizi, kata dia, masyarakat juga ikut membantu petani-petani buah dengan mengonsumsi buah nusantara. Dengan begitu, para petani buah makin bersemangat, produktif, dan sejahtera di masa pandemi virus corona.

"Para pelaku usaha buah juga akan semakin berkembang sehingga ekosistem usaha buah nasional bergerak semakin maju," ucap dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tembus Pasar Internasional

Jokowi ingin buah-buahan nusantara tak hanya disukai dan digemari oleh masyarakat di dalam negeri, namun jiha bisa masuk ke pasar internasional.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu melihat potensi pasar ekspor masih sangat terbuka lebar dan peluangnya sangat menjanjikan.

"Kita sudah mengekspor mangga, nanas, pisang, manggis ke berbagai negara. Kita ingin mengekspor lebih banyak lagi aneka buah-buahan nusantara. Sehingga buah Indonesia juga digemari oleh masyarakat di berbagai negara," tutur Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Kasus covid-19